,

Dekan FIAI Hadiri Rapat Dewan Eksekutif FUIW

Salah satu wadah yang menyatukan universitas Islam di dunia adalah Federation of the Universities of the Islamic World atau biasa disingkat FUIW. Hadirnya FUIW menjadi penting untuk menyatukan misi bersama universitas Islam di dunia. Disamping untuk melakukan kerja bersama (ta’awun) untuk pengembangan keilmuan universitas Islam.

Berkenaan dengan hal ini, Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI), Dr. H. Tamyiz Mukharrom, MA., mewakili Rektor UII menghadiri The 20 Session of Executive Council of FUIW di Imam Muhammad ibn Suud Islamic University, Riyadh, Saudi Arabia, Selasa-Kamis, 3-5 Rabi’ul Awwal 1437 H/15-17 Desember 2015.

4Dalam pertemuaan yang dihadiri pimpinan universitas Islam sedunia tersebut dibicarakan banyak hal. Pada prinsipnya, FUIW mendorong kerjasama antara perguruan tinggi Islam. Selain itu, dibicarakan tentang pengembangan dosen (muhadhir), riset internasional, kajian Islam Asia Tenggara, dan lain-lain.

Sebelumnya, Dekan FIAI dalam lawatannya juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Zaitunah University, Tunisia. MoU tersebut sedang digodog lebih lanjut dan dituangkan dalam Memorandum of Agreement (MoA).

Salah satu rencana strategis MoU dan MoA tersebut adalah pengiriman mahasiswa FIAI untuk kuliah selama 1 tahun di Zaytunah University. Dengan kuliah 1 tahun mahasiswa akan mendapatkan double ijazah, dari UII dan dari Zaytunah University. (Samsul Zakaria)