Zukhruf UIN Surabaya, UII Berjaya

Kontingen Universitas Islam Indonesia (UII) menorehkan tinta emas sebagai Juara Umum pada even Zein al-Ukhuwah wa at-Ta’aruf (Zukhruf) Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, Surabaya. Even dengan tema “Lima Dasawarsa: Integritas Sastra Mengawal Budaya” tersebut diadakan pada Rabu-Jumat, 23-25 Shafar 1438 H/23-25 November 2016.

Samsul_9 (1)Dalam even tersebut, Mustofa Abdul Karim (Manajemen, 2014) dinobatkan sebagai Juara 2 Lomba Pidato Bahasa Arab. Sementara itu, Saiful Aziz (IP Syari’ah, 2014), Auzia Hilmy Muhammad (Ilmu Ekonomi, 2015), dan M. Fakhri Al-Kahfi (Ekonomi Islam, 2015) meraih Juara 2 Lomba Debat Arab. Capaian tersebut semakin menegaskan kualitas tim debat Arab UII. Pasalnya dalam beberapa even nasional UII terus menorehkan prestasi bahkan lebih sering sebagai juara pertama.

Praktis dalam satu bulan terakhir UII berhasil menyabet 3 Juara Umum dalam festival berbahasa Arab. Akhir Oktober lalu, UII meraih Juara Umum di Festival Kebudayaan Arab (FKA) Universitas Gadjah Mada (UGM). Awal November dinobatkan sebagai Juara Umum Festival Jazirah ‘Arab (FJA) Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang. Dan terakhir Juara Umum di UIN Surabaya.

Saiful Aziz selaku ketua kontingen bersyukur karena Allah telah memudahkan UII meraih kembali Juara Umum di even Bahasa Arab se-Indonesia (nasional). “Harapan saya, mudah-mudahan pencapaian ini terus dipertahankan oleh delegasi UII dalam even berikutnya,” tuturnya. Kontingen UII tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) El-Markazy. El-Markazy terus melakukan regenerasi dengan mencari bibit handal untuk even-even nasional bahkan ASEAN dan internasional berikutnya.

Menanggapi raihan tersebut, Direktur Direktorat Pembinaan Bakat Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa (DPBMKM) UII Beni Suranto, ST., M.Soft.Eng menyatakan bahwa capaian prestasi ini sangat membanggakan. Di mana mahasiswa UII mampu melestarikan tradisi Juara Umum di kompetisi bidang keislaman atau kompetensi bidang Bahasa Arab.

“Hal ini sangat mendukung misi UII dalam mewujudkan generasi muda insan Ulil Albab yang memiliki keunggulan dan terus menghasilkan karya serta prestasi. Diharapkan ke depan makin banyak mahasiswa UII yang mau dan mampu mengembangkan potensi keunggulan untuk merepresentasikan keunggulan kualitas proses pembinaan mahasiswa di UII,” tuturnya. (Samsul/SA).