VISI & MISI
VISI
Tahun 2030 Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia menjadi rujukan dalam pengembangan Hukum Islam, Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Islam yang memiliki komitmen pada keunggulan dan risalah islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah islamiyah.
MISI
- Menghasilkan sarjana berakhlak mulia yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah dalam bidang Hukum Islam, Pendidikan Islam, dan Ekonomi Islam.
- Melakukan aktualisasi dan revitalisasi ilmu Hukum Islam, Ilmu Pendidikan Islam dan Ilmu Ekonomi Islam melalui pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dan dakwah Islamiyah
- Menjamin sistem manajerial profesional dalam pengelolaan sumber daya yang dimiliki fakultas.
- Membina mahasiswa agar berakhlak mulia
- Menciptakan sistem manajerial profesional dalam pengelolaan sumber daya yang dimiliki fakultas
- Memberikan pelayanan prima kepada stakeholder
- Mengembangkan kerjasama dengan institusi regional, nasional, dan internasional
TUJUAN PENDIDIKAN & SASARAN MUTU
FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM
TUJUAN PENDIDIKAN
- Memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerjasama yang multidisipliner.
- Mampu mengidentifikasi, memformulasi, dan menemukan solusi masalah yang dihadapi.
- Mampu menggunakan teknologi informasi sebagai pendukung penjaminan mutu pendidikan.
- Memiliki kemampuan mengkomunikasikan ide secara lisan dan tertulis.
- Memiliki tanggung jawab dan etika profesi di bidangnya masing-masing.
- Memiliki semangat untuk meningkatkan pengetahuan dan mampu menjadi uswatun hasanah di tengah masyarakat.
SASARAN MUTU
Standar | Sasaran Mutu Fakultas | Target Minimum | ||||
---|---|---|---|---|---|---|
Tahun 2016 | Tahun 2017 | Tahun 2018 | ||||
M | Management & Organization | F-M | Tingkat keunggulan produk fakultas bertaraf internasional dan berbasis local genius | Satu Produk | Satu Produk | Dua Produk |
E | Education | F-E | Rata-rata nilai kompetensi keislaman lulusan | 3.30 | 3.40 | 3.50 |
R | Research | F-R | Persentase dosen dengan publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi atau paten | 9% | 10% | 12% |
C | Community Services | F-C | Persentase dosen yang mendapatkan hibah pengabdian masyarakat dari eksternal | 9% | 10% | 12% |
Y | Yield of Services | F-Y | Tingkat kepuasan stakeholders terhadap layanan fakultas | 85% | 87% | 90% |
O | Output | F-Op | Persentase lulusan dengan lama studi sesuai standar | 90% | 90% | 90% |
F | Facilities | F-F | Tingkat kepuasan stakeholders terhadap fasilitas fakultas | 75% | 80% | 85% |
G | Governance | F-G | Rata-rata Nilai Kinerja Dosen | 3.3 | 3.4 | 3.5 |
F-Gtk | Rata-rata Nilai Kinerja Tenaga Kependidikan | 3.3 | 3.4 | 3.5 | ||
O | Outcome & Cooperation | F-Oc | Persentase lulusan berkarya dalam waktu tiga bulan | 65% | 70% | 80% |
F-Ob | Tingkat implementasi kerjasama dengan 500 perguruan tinggi terbaik dunia | Satu aktivitas | Dua aktivitas | Tiga aktivitas | ||
D | Da’wah Islamiyah | F-D | Persentase tenaga kependidikan yang aktif dalam dakwah Islamiyah di tingkat regional | 5% | 10% | 15% |