FIAI UII

Dorong Kelancaran Studi Mahasiswa, FIAI UII Sosialisasikan Lisensi Perangkat Lunak Gratis

FIAI – Optimalisasi pemanfaatan fasilitas penunjang untuk mahasiswa menjadi perhatian Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) dengan tujuan untuk kelancaran studi. Kurang lebih 30.000 mahasiswa di UII saat ini menempuh studi pada 8 fakultas, salah satunya di FIAI.

Untuk peningkatan pemanfaatan fasilitas dan mendorong kelancaran studi para mahasiswa, melalui Divisi Administrasi Akademik dan Teknologi Informasi (DAATI) didukung Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FIAI UII menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Optimalisasi Microsoft Office 365 dan Sosialisasi Key-in Semester Ganjil 2024/2025 untuk mahasiswa FIAI UII, Kamis 15 Agustus 2024. Kegiatan dilakukan secara daring dengan Zoom Meeting diikuti oleh lebih dari 130 mahasiswa dari berbagai prodi di FIAI UII.

Dalam kegiatan diskusi dan sosialisasi, menghadirkan 2 narasumber, yakni Heru Sudjanto dari FIAI dan Agus Hermanta  dari Badan Sistem Informasi UII. Kegiatan dibuka oleh  Prayitna Kuswidianta, Kepala Divisi Administrasi Akademik dan Teknologi Informasi FIAI UII.

”Pelatihan literasi digital untuk mahasiswa, ke depan akan dilaksanakan beberapa kali, berkelanjutan agar mahasiswa tidak tertinggal perkembangan teknologi, misal penggunaan UII Gateway. Serta kepentingan lain misal membuat desain-desain, juga dukungan untuk skripsi, misal pemanfaatan AI atau Artificial intelligence ketika mahasiswa masih bingung proses pembuatan proposal. Layanaan UII Gateway 24 jam, harapannya mengurangi tingkat stres mahasiswa, karena tidak harus menunggu layanan tatap muka tersedia,” kata Kuswidianta.

Heru Sudjanto menyampaikan materi berkenaan Key In Rencana Akademik Semester (Key in RAS).  
”Key in RAS merupakan fasilitas dari UII untuk memudahkan mahasiswa berkenaan proses memasukkan data rencana akademik atau perkuliahan semester di aplikasi UIIRAS. Setiap awal semester, mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan akademik dan kegiatan lainnya wajib mendaftarkan diri atau registrasi ulang melalui UII RAS,” kata Heru.

Agus Hermanta menekankan arti penting pemanfatan fasilitas gratis untuk mahasiswa.
”Saat ini UII menyedikan dukungan fasilitas IT yang mumpuni. Baik kecepatan internet berkecapatan tinggi, sistem informasi semua lini, baik pembelajaran, akademis, administrasi, keuangan, dan dukungan literasi isal langgan jurnal internasional. Tak kalah menarik, salah satunya fasilitas Microsft Office 365, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan lisensis resmi dari produk Microsoft, juga One Drive layanan simpan data online hingga 50 giga byte per mahasiswa, juga pemanfatan secara online untuk Office, Excell, Powerpoint dan lain sebagainya. Selain itu setiap mahasiwa bisa meanfaatkan fasilitas lisensi resmi Microsoft Windows 10 dan 11 secara cuma-cuma untuk 3 perangkat,” kata Agus

Rencana kegiatan pelatihan dan edukasi akan diselenggarakan secara berkelanjutan pada tema lain sebagai edukasi dan literasi mahasiswa di waktu mendatanga, untuk mendukung kelancaran mahasiswa FIAI UII. (IPK)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *