The Power of Habits: Meraih Hidup Bahagia Sejahtera dengan Habit Positif

oleh: Dr. Nur Kholis, S.Ag., S.E.I., M.Sh.Ec.

Habit adalah suatu rutinitas atau perilaku yang diulang-ulang secara teratur dan cenderung tanpa disadari saat melakukan.

Sesuatu yang telah menjadi akhlak sudah menjadi habit. Habit sangat luar biasa dampaknya, banyak buku yang sudah membahas tentang habit.

Banyak hal agar bisa menjadi baik, karena baik adalah kunci kesejahteraan dan kebahagiaan. Maka penting memiliki habit yang positif, agar mengantarkan hidup kita menjadi lebih bahagia dan sejahtera.

Membangun kebiasaan baik, harus dilakukan secara terus menerus selama 24 jam. Waktu yang kita miliki itu harus diikhtiarkan, yang kita bangun adalah kebiasaan baik, habit-habit yang positif, yang dapat memberikan kemaslahatan dalam hidup kita.

Habit mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa dan memberikan kebahagiaan serta kesejahteraan bagi seseorang. Habit dalam mengeloa keuangan termasuk salah satu yang perlu diperhatikan, apakah terbiasa dengan menabung setiap kali mendapat pendapatan? apakah selalu dialokasikan dengan baik? (ditabung, diinvestasikan, infak, belanja) atau hanya untuk belanja saja tanpa ada investasi?.

Kunci dalam keuangan adalah apabila ingin hidup bahagia menabunglah dan investasilah secara rutin, maka itu akan berdampak pada kesejahteraan.

Allah berfirman dalam QS Ar-Ra’d ayat 11: “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”, apa yang ada di diri mereka itu bermacam-macam, bisa cara berfikirnya, termasuk dalam hal ini adalah kebiasaannya.

Kalau orang tersebut mempunyai habit yang positif, kemudian dikembangkan dan dilakukan secara rutin, maka lambat laun akan mengubah kehidupannya dan Allah akan mengubahnya menjadi lebih positif. Sebaliknya, kalau minsetnya atau cara berfikirnya negatif, maka akan merusak dirinya.

Standar perubahan dalam manusia adalah hari ini harus lebih baik dari kemarin, maka termasuk orang yang beruntung. Apabila masih sama seperti kemarin, maka termasuk orang yang merugi.

Apabila kita ingin hidup bahagia dan sejahtera, perhatikan habit kita setiap hari, apakah habit positif atau  negatif.