FIAI UII Terima Kunjungan Penjajakan Kerjasama  Ponpes Ittifaqiah Indralaya Sumatera Selatan

Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia (FIAI UII) menerima penjajakan kerjasama dari Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya (Ponpes Al Ittifaqiah), Sumatera Selatan. Kunjungan diterima di Gedung KHA Wahid Hasyim Kampus Terpadu UII, Sleman, Kamis 12 Januari 2022, oleh Dekan FIAI UII, sekaligus memberikan sambutan penerimaan.

”FIAI UII  menyambut baik atas kunjungan dari Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Sumatera Selatan. Kita ketahui bersama, lulusan dari pesantrennya sudah cukup menyebar hingga perguruan tinggi luar negeri, dan diterima dengan baik di sana dengan jalur khusus. Artinya pondok pesantrennya memang berkualitas, termasuk proses pendidikannya di sana. Ini menjadi pembelajaran bersama. Bahkan beberapa lulusannya selama ini, juga menjadi mahasiswa di UII,” kata Asmuni.

Juru bicara dan kehumasan Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya,  Eko Adhi Sutrisno, M.Pd.I, yang membersamai rombongan, menyampaikan

“Ponpes Al saat ini mendidik lebih dari 8300 santri yang didominasi berasal dari Sumatera bagian selatan.  Ponpes Al Ittifaqiah memiliki lahan seluas 50 hektar persegi, untuk dipersiapkan sebagai pengembangan hingga perguruan tinggi universitas. Dengan didukung oleh sumber daya manusia hingga 800 orang lebih saat ini, Ponpes Al Ittifaqiah memiliki penguatan kompetensi santri selain dakwah juga entrepreneurship dan saintis. Sehingga dalam hal ini pula, berencana kerjasama dengan FIAI UII Yogyakarta,” kata Eko.

Tambah Eko, saat ini ada kebijakan kebijakan dari pimpinan Ponpes Al Ittifaqiah, untuk mempermudah bagi anak yang berasal dari ekonomi lemah, yatim piatu  dari berbagai pulau di Indonesia, untuk menjadi santri di ponpes kami. Untuk itu dengan niat yang baik, akan melibatkan FIAI UII untuk pengembangan umat, dengan kolaborasi diharapkan akan maju bersama,” (IPK)