Sambut Gedung Baru, FIAI Hataman Al Qur’an Selama 3 Hari

FIAI UII Yogyakarta

FIAI UII, Yogya – Menjelang peresmian gedung baru Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (FIAI UII), berbagai aktifitas mulai ditingkatkana, mulai dari pemindahan barang, peralatan juga berkenaan kesiapan proses pembelajaran di masa transisi pemindahan gedung. Namun tidak hanya berhenti pada upaya pemindahan fisik, juga dari sisi spiritual juga berbagai kegiatan dilaksanakan. Salah satunya, dengan penyelenggaraan kegiatan dengan tajuk Doa Keberkahan untuk Menyongsong Gedung Baru dan Hataman Al Quran Bersama Hafiz dan Hafizah FIAI UII.

Kegiatan terbuka yang dapat dihadiri sivitas UII ini iselenggarakan selama 3 hari, mulai Senin 5 Desember 2022 di gedung baru FIAI UII. Salah satu kegaitan, Khatmil Quran Bil Ghaib, melibatkan 30  para penghafal Al Quran dari kalangan mahasiswa yang sudah diseleksi.

Dekan dan Wakil Dekan KKA FIAI UII
Kiri; Dr. Drs. Asmuni, M.A, Dekan FIAI UII (foto: Roy WAG)

Dr. Drs. Asmuni, M.A, Dekan FIAI UII yang membuka acara doa bersama, menekankan arti penting rasa syukur atas lancarnya pembangunan gedung baru,
“Dengan adanya gedung FIAI yang baru, tentu harus bersyukur. Bahkan saya sebut syukur tak terhingga. Dengan bersyukur maka akan melahirkan energi baru”, jelas Asmuni.

Tambahnya, dari sekian mahasiswa UII ada yang hafiz dari kalangan putra, dan hafizah dari kalangan putri. Ini terus diupayakan, agar jangan sampai lupa hafalan. Nah kegiatan ini, dalam upaya menjaga kemampuan, sehingga benar-benar hafal. Selain itu mahasiswa yang sedang berusaha menghafal dari awal, bisa menyimak para penghafal dalam kegiatan ini. Polanya, ada 1 sampai 5 penghafal melatunkan ayat, dan mahasiswa lain menyimak. Diharapkan ini mendorong mahasiswa yang belum hafiz terdorong untuk berniat menjadi hafiz atau hafizah.

Mahasiswa penghafal Al Quran bergantian melantunkan ayat (foto:IPK)

Serangkaian kegiatan doa bersama selain diisi dengan hataman, hadroh, juga rencananya dalam puncak acara akan diisi dengan tausiah yang akan disampaikan Dr. Muhammad Roy Purwanto, S.Ag, M.A, Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni. (IPK)