Imam Effendi Berpulang ke Rahmatullah

Dr. H. Imam Effendi, M.A., dosen tetap Program Studi Pendidikan Agama Islam sekaligus Ketua Program Pasca Sarjana (PPS) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) telah berpulang ke rahmatullah dalam usia 59 tahun, Ahad (01/07/2012) di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, pukul 08.40 WIB. Jenazah dimakamkan pada sore harinya di komplek pemakaman umum Nglanjaran, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman tempat tinggal almarhum. Almarhum meninggalkan seorang istri dan empat orang anak.

 

Imam Effendi Berpulang ke RahmatullahAlmarhum telah mengabdikan dirinya di UII sejak tahun 1979 hingga wafat. Beliau pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah periode 1986-1990, Pembantu Dekan I Periode 1984-1986, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam (P3I) FIAI, dan terakhir Ketua PPS FIAI periode 2010-2014. Salah satu bentuk kontribusi terakhirnya bagi FIAI dan UII adalah keberhasilannya mempertahan status akreditasi “A” bagi Magister Studi Islam (MSI) PPS FIAI UII.

Sosok kalem dan bersahaja ini merupakan figur yang disegani dan dicintai oleh kelurganya dan sivitas akademik UII karena pola hidup sederhananya. Beliau merupakan pecatur profesional nasional yang kerap menjadi rujukan dan dewan juri perlomaban catur tingkat nasional. Keluarga besar FIAI dan UII mengucapkan turut berbelasungkawa dan selamat jalan. Terimakasih atas jasa-jasanya dan mudah-mudahan diterima di sisi Allah SWT. Amin.