Studi Komparatif LEM FIAI ke Unisba

Sebanyak dua puluh mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam UII bersama Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) FIAI mengadakan Studi Komparatif ke Universitas Islam Bandung (UNISBA). Didampingi dosen Program Studi Hukum Islam FIAI, Drs. Sofwan Jannah, M.Ag., mereka berangkat pada hari Ahad sampai dengan Selasa, 18-20 Maret 2012.

 

Ketua panitia, Taufik Nugraha, menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah pengalaman mahasiswa FIAI seputar dunia pendidikan tinggi Islam khususnya yang memiliki kesamaan secara ideologi. “Kami tidak hanya sekedar berkunjung, akan tetapi kami juga mengadakan diskusi tentang posisi pendidikan Islam di era global saat ini dengan lembaga mahasiswa setempat,” ujar Taufik yang juga fungsionaris LEM FIAI.

Mereka diterima langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah, Drs. H. Dedih Surana, M.Ag., dan Wakilnya, H. Mumu, M.Ag., serta Kasie Kemahasiswaan, Ayi Sobarna, M.Pd. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah Unisba menyebutkan bahwa universitasnya memiliki hubungan dekat dengan UII.

Studi Komparatif LEM FIAI ke Unisba

Lebih lanjut ia mengatakan UII merupakan kakak Unisba yang memiliki kesamaan beberapa hal dalam sejarah. “Kami dengan UII khususnya FIAI sama-sama pernah mau diminta oleh pemerintah untuk berada dibawah pengelolaannya tapi kami sampai sekarang tetap tidak mau bahkan dengan lebih beruntung dengan keberadaan sebagai fakultas,” ujar Dekan Fakultas Tarbiyah Unisba.

Dalam suasan akrab, mereka saling bertukar fikiran tentang berbagai hal menyangkut kondisi pendidikan Islam masa kini. Seperti diungkapkan oleh salah satu anggota lembaga mahasiswa Unisba, pendidikan Islam di Indonesia dirasakan tengah berada dalam ketidaksiapan terhadap arus globalilasi sehingga diperlukan langkah dan tindakan aktif untuk mempersiapkan generasi Islam yang baik.