Tim Debat FIAI Juara I SMESH FoSEI FE UNSOED

Tim Debat FIAI UII berhasil meraih Juara I dalam kegitan Seven MES Feat Shelter (SMESH) yang diadakan oleh Forum Studi Ekonomi Islam (FoSEI) Univeritas Jenderal Soedirman Purwokerto pada hari Sabtu-Ahad (18 -19/6). Mereka adalah Muhammad Iqbal (Ekonomi Islam, 2008), Fitri Aulianisa (Ekonomi Islam, 2008), dan Samsul Zakaria (Hukum Islam, 2009).

Berbekal pengetahuan yang didapatkan di fakultas, mereka tidak banyak menemui kesulitan untuk mendebatkan mosi-mosi yang ditentukan panitia karena sejak awal memiliki target untuk menjadi yang terbaik dalam kompetisi tersebut.Perdebatan tampak seru dengan adu argumentasi dan saling interupsi dalam final, dimana tim FIAI UII menghadapi tim dari UNDIP Semarang. Tim FIAI UII menolak mosi perdebatan tentang praktik mudharabah di Indonesia yang hampir dapat dikatakan sebagai riba lewat jalur belakang.

 

Tim Debat Ekonomi Islam FIAI UII Usai Meraih Juara I

“Secara konseptual kami memang memiliki argumen yang lebih kuat dan variatif. Itu yang membuat dewan juri tertarik dengan kelompok kami. Tentu hasilnya adalah kemenangan tim,” tutur Samsul Zakaria yang saat ini menjabat sebagai ketua Arabic English Community (AEC) UII. a menambahkan dewan juri juga mengakui adanya akulturasi pengetahuan antara Islam dan Barat yang seimbang. Juri menilai bahwa masing-masing tim memiliki pemahaman yang komprehensif tentang konsep ekonomi konvensional dan Ekonomi Islam.

Bahkan menurutnya terdapat pengalaman menarik  yang didapatkan dari debat tersebut. “Ketika kami mendapatkan mosi yang cukup menantang maka kami menghubungi  Nur Kholis, S.Ag, Msh.Ec, Ka.Prodi EKIS FIAI via telpon untuk meminta pendapat. Setelah itu kami merasa lega dan mendapatkan pencerahan,” tambah Samsul. Nurkholis sendiri mengungkapkan bahwa itu merupakan salah satu strategi cantik yang sangat jitu untuk diterapkan saat akan berdebat.

Sementara dengan kemenangan ini, Muhammad Iqbal selaku Ketua Forum Kajian Ekonomi Islam (FKEI) FIAI UII berharap ke depan akan lahir debaters UII yang tangguh dan dapat diperhitungkan.