Pertemuan IKI di FIAI

Sebagaimana telah menjadi kegiatan rutin bulanan, pertemuan silaturahim Ikatan Keluarga Ibu (IKI) UII diadakan di Fakultas Ilmu Agama Islam UII pada Jum’at, 17 Desember 2010. Acara yang juga dihadiri Ketua IKI  Ibu Edy Suandi Hamid, istri Rektor UII, berlangsung seperti biasa penuh dengan keakraban antar ibu-ibu UII baik dari kalangan dosen maupun karyawan. Dalam sambutannya, ia memberikan ucapan selamat kepada ibu-ibu IKI yang baru saja melaksanakan ibadah haji.

Pertemuan IKI kali ini diisi dengan seputar pengetahuan tentang kesehatan dan ibadah haji. Seperti dijelaskan oleh dr. Riana Rahmawati, M.Kes, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UII didaulat untuk sebagai pembicara menjelaskan tentang hikmah ibadah haji. Menurutnya ibadah haji bukan saja suatu kegiatan ibadah ritual saja melainkan ibadah fisik merupakan ibadah yang sarat makna.

 

Pertemuan IKI di FIAI

Selain itu, dr. Farida Juliantina, M.Kes juga dihadirkan untuk memberikan ceramah keagamaan tentang kesehatan dalam Islam. Farida mengungkapkan  arti pentingnya kesehatan. “Pentingnya nikmat sehat seperti terdapat dalam hadis yang menyebutkan satu pertiga dari perut untuk makanan, satu pertiga lagi untuk minuman dan sisanya untuk udara” kata Riana. Lebih lanjut ia menegaskan betapa penting pemberian air susu ibu (ASI) secara ekslusif mampu meningkatkan kecerdasan anak. Ia menambahkan perlunya pemberian ASI secara ekslusif perlu terus digiatkan dan dimaksimalkan.

Para peserta tampak khusuk mendengarkan mendengar dan mengikuti materi-materi yang disampaikan oleh mereka. Pertemuan IKI kali ini dihadiri oleh 68 orang dan diakhiri dengan pembagian doorprize bagi semua yang hadir dalam acara tersebut tanpa terkecuali.