FIAI Adakan Pelatihan ICT

Menindaklanjuti bantuan pengembangan atau pengadaan sarana pendidikan tinggi berupa hibah senilai Rp125 Juta dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam untuk tahun anggaran 2010, beberapa waktu lalu, FIAI mengadakan Pelatihan Pengembangan Teknologi ICT Program Pengembangan Laboratorium Perguruan Tinggi Agama Islam Kementerian Agama RI bagi seluruh dosen FIAI dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen-dosen FIAI dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan belajar mengajar.

Pelatihan tersebut diselenggarakan di laboratorium komputer FIAI pada Jum’at – Sabtu, 10-11 Desember 2010 menghadirkan Ir. Diah Tri Widayati, MP., Ph.D dari UGM. Diah menjelaskan sebagaimana dikutip dalam makalahnya berjudul “Enhancing Education through Information and Communication Technology”, sistem pendidikan yang digunakan PT di Indonesia berbasis pada satuan kredit semester (sks), 1 sks yaitu 50 menit tatap muka di kelas, 50 menit kerja terstruktur (berupa tugas, praktikum, pekerjaan rumah), dan 60 menit kerja mandiri bagi mahasiswa. Untuk itu, kata Diah, di dalam SCL peran dosen bergeser, dari sumber utama informasi menjadi fasilitator dan mitra pembelajaran. “Peran ini masih perlu ditingkatkan, dengan cara lebih mendekatkan hubungan batin antara dosen dan peserta didik. Peningkatan ini selaras dengan kandungan “Patrap Triloka” (“ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri andayani”)” tegasnya.

FIAI Adakan Pelatihan ICT

Sedangkan terkait dengan peningkatan media pembelajaran, Drs. Hujair AH Sanaky, MSI menjelaskan bahwa dalam upaya pengembangan pendidikan diperlukan suatu media pembelajaran di mana seorang guru dalam melakukan pembelajaran harus memperhatikan tujuan, materi, metode dan kondisi siswa. Bahkan bentuk bahan ajar dan pendekatan berbasis media serta criteria pemilihan media juga harus diperhatikan termasuk media dan teknologi pembelajaran jarak jauh. Hujair menambahkan untuk menjadi presentator yang baik harus mampu menganalisis dan menguasai audience, materim, metode dan media, jati diri sendiri, percaya diri, bersikap humanis, berbicara natural, enjoy dengan performance, dan mengembangkan gaya serta memberikan kesan dalam penutupan.

Sementara untuk meningkatkan dan memudahkan peserta dalam menggunakan teknologi informasi, Drs. Sofwan Jannah, M.Ag memberikan beberapa materi tentang pemanfaatan perangkat lunak Islami sebagai penunjang materi perkuliahan seperti CD al Qur’an, hadis, ilmu faroid, astronomi, stary night pro plus, akurasi waktu, mooncalc, win hisab dan arah kiblat. “materi perkuliahan di FIAI UII sangat baik apabila dibantu dengan pengetahuan aplikasi komputer dengan berbagai software yang berkaitan dengan keilmuannya” ujar Sofwan. Selain itu, Dr. Drs. Muhammad Idrus dan Drs. Nanang Nuryanta, M.Pd juga turut menjadi pemateri.