Rapat Kerja Fakultas 2010

Fakultas Ilmu Agama Islam pada Sabtu (31/7) menggelar Rapat Kerja (Raker) di Hall Barat fakultas dalam rangka untuk membahas rencana kerja beberapa tahun ke depan. Raker yang mengawali pelaksanaan amanah untuk masa bhakti 2010-2014 ini dihadiri sejumlah pimpinan fakultas, program studi, dan para dosen. Wakil Rektor III UII, Ir. Bachnas, M.Sc., hadir dan memberikan sambutan pada kesempatan ini mewakili pimpinan universitas.

‘Menjadikan FIAI sebagai Pusat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Berbasis Riset’ merupakan tema yang diambil dalam Raker kali ini sebagai ruh gerakan FIAI. Dekan FIAI, Dr. Drs. H. Dadan Muttaqien, S.H., M.Hum., dalam sambutannya mengatakan fakultas ke depan harus sudah siap melangkah untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Hal ini kemudian berimplikasi pada perlunya pemikiran sepenuh jiwa agar FIAI semakin baik dan tetap diimbangi idealisme yang tinggi tanpa melupakan realitas kemampuan yang ada.

Dalam makalah berjudul ‘Membangun Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia dengan Semangat “Universitas”, “Islam”, dan “Indonesia”’, Dekan juga menegaskan bahwa UII secara konseptual memiliki makna ideal bagi pengembangan sebuah perguruan tinggi karena kata-kata “universitas”, “Islam”, dan “Indonesia” selaras dengan tujuan pendidikan pada sebuah perguruan tinggi berbasis Islam yang bervisi nasional. Bahkan ia memegang peranan penting dalam menjaga dan mengembangkan budaya, etika, dan idealisme akademik sebagai fondasi kehidupan ilmiah.

 

Suasana Rapat Kerja Fakultas 2010 di Hall Barat FIAI

Derivasi semangat universitas bagi FIAI terwujud dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlandaskan pada budaya, etika, dan idealisme akademik. Dengan semangat universitas ini, sivitas akademik FIAI dituntut mampu menumbuhkan sikap dan perilaku yang sesuai standar akademik sehingga aktivitas akademik, seperti diskusi, bedah buku, seminar, penulisan, penelitian, dan sebagainya menjadi aktivitas utama. “Etika dan idealisme akademik harus dijunjung dalam setiap aktivitas”, Dekan menjelaskan.

Islam menurut Dadan merupakan pengejawantahan wahyu Ilahi (Alquran) dan Sunah Nabi dalam kehidupan sivitas akademik yang berimplikasi pada kesadaran sivitas akademik FIAI bahwa seluruh aktivitas akademik pada dasarnya merupakan bagian dari tujuan hidup insan sebagai hamba sekaligus khalifatullah fil ardh. Sedangkan Indonesia  merupakan wujud pada penguatan semangat membangun dan menyelesaikan persoalan bangsa dalam setiap aktivitas akademik FIAI UII. Bahkan problem sosial, ekonomi, budaya, dan politik yang terus menerus dialami bangsa harus menjadi perhatian sivitas akademik FIAI UII serta penguatan kontribusi hasil kajian akademik pada berbagai persoalan bangsa yang riil dan aktual dengan membawa budaya akademik yang membumi, yang sesuai dengan konteks sosial, ekonomi, budaya dan politik bangsa.

Masih menurut Dekan, FIAI harus dibangun dengan kesadaran akan pentingnya peran sinergis antara tujuan-tujuan akademik, tujuan Islam, dan tujuan ke-Indonesiaan. Begitu juga aktivitas akademik di FIAI nantinya harus diarahkan pada pencapaian ekselensi dengan basis akademik yang bernilai Islami dan berorientasi bagi penyelesaian permasalahan dalam masyarakat.

Terdapat sejumlah kegiatan dalam rangkaian rapat kerja fakultas kali ini. Setelah pembukaan raker secara seremonial yang diisi sambutan pimpinan universitas dan fakultas, peserta dibagi ke dalam tiga komisi yang masing-masing menelaah rencana strategis (Renstra) fakultas. Hasil yang dicapai di tingkat komisi selanjutnya disahkan dalam rapat pleno yang melibatkan seluruh peserta Raker. Raker kemudian diakhiri dengan pemaparan pokok-pokok hasil dan ditutup selepas Ashar oleh Wakil Dekan FIAI.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *