Menanyakan Program Studi FIAI-UII di Pameran

Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia (FIAI-UII) memanfaatkan keikutsertaannya pada Pameran Potensi dan Festival Pesona Ragam Budaya Kabupaten Sleman, di Yogyakarta pada 4-5 Mei 2009 pukul 09.00-20.30 WIB.

Upaya tersebut untuk mempromosikan  Program Studi di FIAI terhadap masyarakat khusunya pelajar SLTA yang sedang memperisapkan diri dan mengambil keputusan yang tepat untuk masa depannya setelah selesai akan melanjutkan ke perguruan tinggi apa? Fakultas apa? dan program studi apa? pastinya situasi kebingungan tersebut dialami oleh mereka karena tidak mengerti program studi apa dan perguruan tinggi mana yang mereka akan pilih sesuai dengan kompetensi bidang yang diminati. Namun, apabila sudah mengerti minat dan mempunyai keyakinan ke program studi apa, akan semakin memudahkan memilih perguruan tinggi dan program studinya.

 

 

Menanyakan Program Studi FIAI-UII di Pameran

Dalam pameran, baik itu orang tua maupun pelajar menanyakan tentang Program Studi FIAI-UII. FIAI  menawarkan 3 program studi yaitu program studi Hukum Islam, Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Islam, masing-masing program studi memiliki keunggulan, seperti prodi Hukum Islam telah mendapatkan Akreditasi A, prodi ini juga membuka program hukum Islam dual degree dengan gelar SHI dan SH dan membuka Pendidikan khusus profesi advokat serta lulusan berpeluang menjadi hakim, pengacara di Pengadilan Agama (PA), Panitera PA, penghulu KUA, pengacara PA, dosen syari’ah serta SDM Departemen Agama. Program studi Pendidikan Agama Islam memiliki keunggulan terakreditasi A, kurikulum diarahkan pada penguasaan bidang pendidikan baik teori dan aplikasinya yang berlandaskan tuntunan dan nilai-nilai Agama Islam. Dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan guru agama yang bernutu dan berkualitas di tengah masyarakat global. Prodi pendidikan Agama Islam ini mencetak Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I). Jelas A. Nurozi, SHI sekretaris Dekan FIAI UII, M. Khoirur Rofiq Mahasiswa Prodi Hukum Islam dan M. Anas Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam FIAI UII.

Selain itu, FIAI ada program studi baru yang sudah berjalan sejak tahun 2003 bahkan pertama kali raih Akreditasi B dari Ban-PT. Prodi ekonomi Islam yang mendapat izin operasional pertama kali, dijadikan model dalam blue print Studi Ekonomi Islam di Indonesia, Benchmark pada kurikulum Al-Azhar University Cairo, IIUM dan IIU Islambad Pakistan dan University of Malaya serta lulusan berpeluang menjadi manajer Lembaga Keuangan Syariah, Akademisi, Praktisi Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah, Asuransi Syariah dan wirausaha. Kualitas lulusan sudah terealisasi terhadap alumni prodi ekonomi Islam angkatan 2003 dan 2004. Ada orang tua bertanya, Apakah peluang kerja prodi ekonomi Islam nantinya akan bekerja di BMT? tidak semua lulusan Prodi Ekonomi Islam nantinya akan bekerja di BMT dalam dunia kerjanya. Nasib yang nantinya akan bekerja dimana itu tergantung dari doa, usaha, kerja keras, kualitas dan kreativitas personal saat sedang menekuni bidang yang diminatinya. Jawab Yudho Prabowo, SEI Staf Prodi Ekonomi Islam FIAI UII