Fasilitasi Jiwa Seni Tendik, FIAI Bentuk Tim Hadrah

Fasilitasi Jiwa Seni Tendik, FIAI Bentuk Tim Hadrah

Tendik FIAI sedang berlatih hadrah di Ruang Sidang FIAI. (Photo: Samsul)

Beragam cara dapat dilakukan untuk menambah kekompakan dalam bekerja (teamwork). Salah satunya dengan bermain musik bersama, khususnya musik islami. Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) mencoba menfasilitasi kreativitas dan jiwa seni tenaga kependidikan (tendik) FIAI dengan membentuk Tim Hadrah. Sejak dua bulan terakhir, tim berlatih secara serius seperti tampak pada Senin, 08 Rabi’ul Awwal 1439 H/27 November 2017.

Tim Hadrah FIAI dilatih oleh salah satu personil senior Ahbabul Musthafa Yogyakarta, Ahmad Ramdhani. Dengan telaten, Ramdhani menularkan kepiawaiannya bermain hadrah kepada tendik FIAI. Bagi Ramdhani, yang penting istiqamah berlatih. Sebab, lanjutnya, banyak tim hadrah yang karena sudah banyak dapat undangan tampil akhirnya hanya fokus untuk perform namun lupa untuk terus latihan. Sesekali waktu, Ramdhani juga membawa serta rekannya untuk ikut melatih.

Gali Ide-ide Baru, Tim Website FIAI Ikuti Pelatihan

Harus diakui bahwa berlatih hadrah memang membutuhkan keuletan. Masing-masing pemegang alat hadrah harus memainkan alatnya dengan sebaik mungkin. Namun harus diingat bahwa harus diselaraskan dengan bunyi alat yang lain dan lagu shalawat yang dibawakan. Sehingga kalau sudah terorkestrasi dengan baik maka akan tercipta kombinasi nada dan musik yang indah. Dan Tim Hadrah FIAI terus berusaha untuk menuju kondisi tersebut.

kalau sudah terorkestrasi dengan baik maka akan tercipta kombinasi nada dan musik yang indah. Dan Tim Hadrah FIAI terus berusaha untuk menuju kondisi tersebut.

Tim Hadrah FIAI didukung secara material dan moral oleh pimpinan FIAI. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Dekan FIAI Dr. Tamyiz Mukharrom, MA., dan Wakil Dekan FIAI Dra. Sri Haningsih, M.Ag., dalam setiap sesi latihan. Bahkan keduanya juga ikut mendendangkan lantunan shalawat yang dipelajari. “Hal ini tentu menjadi penyemangat tersendiri bagi kami,” tutur salah satu personil Tim Hadrah FIAI.

Baca juga: Jalin Sinergi dan Kekompakan, FIAI Adakan Outbond di Kebun Teh Karanganyar

Ide awal pembentukan Tim Hadrah FIAI muncul dari Dra. Sariyanti selaku Kapala Divisi Administrasi Umum dan Keuangan (DAUK) FIAI. Ide tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Sutaryo, A.Md., SE., selaku Kepala Urusan (Kaur) Perbekalan FIAI dengan membeli alat-alat hadrah di daerah Godean. Setelah itu, proses pencarian pelatih yang relevan dan kesepakatan waktu latihan. Khusus untuk latihan lagu shalawat, disisipkan dalam pengajian rutin Senin Pagi agar lebih lancar dan bahkan hafal. (Samsul)

Related Post