Silaturahim, Temu Kangen dan Syawalan Alumni FIAI UII

“Mempersatukan Langkah Alumnni, Menjemput Masa Depan Sarjanan Agama yang Lebih Bermartabat”  http://fis.uii.ac.id/fisuii/administrator/index.php?option=com_content

Yogyakarta, fis.uii.ac.id-Sabtu, 3 Oktober 2009 Fakultas Ilmu Agama Islam FIAI-UII menyelenggarakan temu alumni dan syawalan yang dikoordinasi oleh ketua panitia Drs. Nanang Nuryanta, M.Pd bertempat di GKU Prof. Dr. M. Sardjito, MD., MPH yang kemudian dilanjutkan di Gedung FIAI Kampus Terpadu UII Jl. Kaliurang Km 14,5. Kegiatan ini diisi dengan acara Seminar dengan tema “Mempersatukan Langkah Alumnni, Menjemput Masa Depan Sarjanan Agama yang Lebih Bermartabat” bersama para pemateri seminar yang juga sebagai alumni FIAI-UII yakni Drs. Sunardi Syahuri pemilik Supermarket, Prof. Dr. AT. Soegito, SH., MM mantan Rektor UNES Semarang, Prof. Dr. A. Haris Supratno Rektor UNESA Surabaya dan Prof. Zaini Dahlan, MA Guru Besar FIAI dan Mantan Rektor UII serta Moderator Drs. Imam Moedjiono, M.Ag dosen tetap Prodi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) yang berpengalaman di bidangTrainer Public Speaking Consultant dan Motivator.

Acara temu alumni dan Seminar dibuka oleh Dekan FIAI-UII Drs. M. Fajar Hidayanto, MM yang memberikan sambutan bahwa Silaturahim, Temu alumni dan Syawalan untuk mempererat tali silaturahmi antar alumni, memperluas ikatan networking alumni dalam upaya memberikan kontribusi bagi perkembangan FIAI UII dan mengikutsertakan alumni FIAI untuk berupaya mengembangkan FIAI UII. Ketua Umum PP IKA UII, Jawahir Thontowi, SH., Ph.D menginformasikan bahwa UII akan menyelenggarakan temu alumni akbar Nasional. Sambutan Rektor UII, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec menyampaikan para alumni FIAI UII tidak hanya berkumpul melepas kerinduan dalam kegiatan ini. Namun lebih dari itu, diharapkan akan muncul kontribusi positif bagi pengembangan almameter secarra umum yang ditandai dengan kualitas sarjana sebagai alumni FIAI. Hal ini tentunya layak untuk mendapatkan apresiasi karena saat ini perguruan tinggi dimanapun berada menghadapi banyak tantangan dan alumni memiliki peran yang signifikan. Dalam acara seminar ini mengundang wakil rektor III, Ir. Sutarno, M.Sc.

Pemateri seminar, Drs. Sunardi Syahuri menyampaikan terkait peluang alumni FIAI dalam berwirausaha. Pemilik Supermarket Pamela menekankan bahwa bila ingin melakukan usaha harus didasari dengan niat, kejujuran, kesabaran, keikhlasan serta bakat, kompetensi atau skill berbisnis, keberanian dan kepercayaan. Pengusaha harus tanggap dan cermat dalam melihat suatu peluang atau kesempatan, tinggalkan rasa malu apabila ingin menjadi pengusaha suskses, memberikan kepercayaan dan dapat dipercaya terhadap partner dan konsumen, jangan mengambil partner yang emosional serta ibadah dan akhlaq merupakan salah satu  pondasi untuk berusaha, tegas Sunardi.

Prof. Dr. A. Haris Supratno dan Prof. Dr. AT. Soegito, SH., MM menyampaikan materi Menumbuhkembangkan Budaya Akademik dan Kepribadian Islami dalam Jiwa Alumni FIAI UII. Prof. Haris menyatakan jiwa para alumni FIAI UII harus memiliki budaya akademik dan memiliki kepribadian Islami. Hal ini budaya akademik mampu memiliki kompetensi membaca, menulis, meneliti atau menulis jurnal, aktif mengikuti seminar atau Diklat, mengajar serta melanjutkan studi S2 atau S3. Menumbuhkembangkan untuk peningkatan profesionalisme adalah dengan kualifikasi akademik, sertifikasi dan kompetensi. Mantan Rektor UNES Semarang, Prof. AT Soegito, menekankan terhadap implikasi dan implementasi atau in action terhadap kebudayaan yang mengandung pengertian kompleks terhadap ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma dan peraturan, komplesks terhadap aktivitas kelakuan dari manusia dalam masyarakat dan sebagai benda karya manusia. Perwujudan dalam ketiga pengertian tersebut mengandung pngertian dalam organisasi yang dikenal budaya organisasi (organization culture), diperusahaan dikenal budaya perusahaan (corporate culture) dan dalam kajian menitikberatkan pada perilaku seseorang atau kelompok orang dalam suatu organisasi perilaku organisasi (organizational behavior). Posisi budaya organisasi digambarkan dalam gunung es organisasi di mana terdapat aspek formal (terbuka) dan aspek behavioural (tersembunyi), seperti halnya sikap, pola komunikasi, proses kelompok, kepribadian (budaya organisasi) dan konflik.

Prof. Zaini Dahlan, MA menyampaikan materi Optimalisasi Peran Alumni FIAI dalam Ranah Pengabdian Masyarakat dan Dakwah Islamiyah. Dakwah merupakan kewajiban yang sangat penting dan perlu adanya implementasi terhadap lulusan dan alumni FIAI di mana dapat dilakukan berupa tulisan dan lisan dengan membaca dan menulis, sebagaimana dikatakan dalam Al-Qur’an surat Al-Alaq ayat 1-5, “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia yang mengajarkan (manusia) dengan pena, Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui” selain itu Prof Zaini, menyatakan bahwa bekerjalah dengan sebaiknya Insya Allah, Allah Akan memberikan kemudahan.

Setelah seminar dilanjutkan acara Sarasehan, Ramah Tamah dan Temu Kangen di Gedung FIAI pukul 13.00-21.00 bersama pembicara alumni FIAI Agus Nuryatno, S.Ag, MA, Ph.D, Dr. Drs. Ahmad Darmadji, M.Pd dan Drs. Ratno Sukamto.