UII Pererat Kerjasama dengan Atase Agama Kedubes Arab Saudi

Selama ini Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Pusat Dakwah dan Pelayanan Masyarakat (PDPM) Fakultsa Ilmu Agama Islam (FIAI) telah menjalin hubungan baik dengan Atase Agama (al-Mulhaq ad-Diiny) Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi di Jakarta. Kerjasama tersebut telah memberian manfaat yang positif bagi UII.

UII Pererat Kerjasama dengan Atase Agama Kedubes Arab Saudi

UII Pererat Kerjasama dengan Atase Agama Kedubes Arab Saudi

Salah satunya, yang rutin setiap tahun, adalah bantuan kurma dan dana buka puasa (ifthaar) untuk dibagikan kepada masyarakat di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebagaimana diberitakan sebelumnya Ramadhan 1437 H tahun ini PDPM diamanahi untuk mendistribusikan kurma kurang lebih 35 ton. Kurma tersebut dibagikan secara gratis dengan mengganti biaya pengiriman dari Arab Saudi dan administrasi sekadarnya.

Selain kurma, UII juga mendapatkan hibah buku-buku agama yang nilainya ratusan juta. Buku-buku tersebut dimanfaatkan oleh Perpustakaan Pusat UII, Koleksi PDPM, dan sebagiannya didistribusikan kepada mahasiswa dan masyarakat. Beberapa tahun silam UII juga mendapatkan bantuan dosen/pengajar dari Arab Saudi.

Selebihnya yang tidak kalah penting adalah UII beberapa kali mendapatkan jatah haji dana umrah untuk dosen/karyawan dari Atase Agama Kedubes Arab Saudi. Hubungan dan kerjasama baik tersebut haruslah dijaga agar berlanjut di masa mendatang. Menurut Dekan FIAI Dr. Tamyiz Mukharrom, MA., kerjasama yang mendatangkan banyak manfaat bagi UII tersebut sangat strategis untuk dilestarikan.

Baca juga: PDPM Kembali Salurkan Kurma

Kunjungan ke Atase Agama Kedubes Arab Saudi

Berkenaan dengan itu, Selasa, 24 Muharram 1438 H/25 Oktober 2015, Dekan FIAI dan Direktur PDPM Drs. Syarif Zubaidah, M.Ag., mengunjungi Atase Agama Kedubes Arab Saudi di Jakarta. Diterima langsung oleh Direktur Atase Agama Dr. Ibrahiim bin Sulaimaan an-Nughaimisy. Dr. Ibrahiim mengungkapkan bahwa kerjasama baik dengan UII insya Allah akan terus berlanjut.

Dia menambahkan bahwa meskipun nantinya dia tidak lagi menjabat sebagai direktur, penggantinya akan tetap melanjutkan hubungan baik dengan UII. Sebab selama ini UII telah menjalankan amanah dari atase dengan baik. Setelah bertemu dengan direktur atase acara dilanjutkan dengan ramah tamah dengan beberapa pegawai atase. (Samsul Zakaria/Syari’ah)

Related Post