,

UII Jalin Kerjasama dengan Universitas Brawijaya dan Kanindo Syariah Jatim

Dalam rangka pengembangan institusi, Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan silaturahim akademik (silak) ke Malang, Kamis-Sabtu 13-15 Rajab 1437 H/21-23 April 2016. Kunjungan dalam rangka kerjasama tersebut menitikberatkan pada dua institusi, yaitu Universitas Brawijaya (UB) dan Kanindo Syariah Jawa Timur (Jatim).
1 (2)Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ghozali Maski, SE., MS., Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UB, mengapresiasi kedatangan delegasi FIAI UII. “Kami menyambut baik kedatangan rombongan dari Prodi Ekonomi Islam FIAI UII di kampus kami. Program Studi Ekonomi Islam di FEB UB ini baru dibuka pada tahun 2011 dengan izin rekor, namun sebelumnya sudah ada embrio dalam bentuk Konsentrasi Ekonomi Islam pada Jurusan Ilmu Ekonomi,” tuturnya.
Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah untuk silaturahim, sharing, dan menjalin kejasama/Memorandum of Understanding (MoU) dalam hal-hal yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT), yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu, rombongan juga berdiskusi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan program studi sehingga diharapkan PSEI dapat lebih baik lagi demi mencapai tujuan bersama.
Para peserta pada kunjungan silaturahmi ini adalah para dosen dan laboran PSEI yang terdiri dari Dekan FIAI, Dr. H. Tamyiz Mukharrom, MA., Ketua Program Studi (Kaprodi) Ekonomi Islam, Dr. Dra. Rahmani Timorita Yulianti, M.Ag., beserta 8 orang dosen lainnya dan 1 orang laboran. Selain ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Ekonomi Islam juga melakukan kunjungan ke Inkubator Bisnis UB yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UB. Bersamaan dengan itu ditandatangai MoU antara UII dan UB. Dari pihak UII diwakili oleh Dekan FIAI dan dari UB oleh Dekan FEB, Prof. Candra Fajri Ananda, SE.
Rombongan Prodi Ekonomi Islam juga disambut baik di Koperasi Agro Niaga (Kanindo) Syari’ah Jatim, Jumat 15 Rajab 1437 H/22 April 2016. Selain untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama, kunjungan ini juga bertujuan untuk berdiskusi mengenai beberapa hal yang terkait dengan pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) dan pendampingan usaha.
“Prodi Ekonomi Islam berharap ke depannya dapat terus menjalin kerjasama dengan Kanindo Syari’ah untuk memperkuat konsentrasi bisnis Islam yang akan diselenggarakan pada tahun ini insyaAllah,” ujar Dekan FIAI. Kunjungan pada kedua objek dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoU) antara kedua belah pihak. Dari pihak UII diwakili oleh Dekan FIAI dan dari Kanindo Syari’ah Jatim oleh Ketua Kanindo, Drs. H. Untung Endro Cahyono, MM.