,

Gali Kreativitas Mahasiswa, PAI Adakan Workshop PKM

Penelitian dan penulisan karya ilmiah adalah salah satu skill yang harus dimiliki mahasiswa. Dengan keahlian tersebut mahasiswa dapat bersaing dengan mahasiswa dari perguruaan tinggi lain. Selain itu, penelitian—baik oleh mahasiswa maupun dosen—juga merupakan salah satu Catur Dharma Universitas Islam Indonesia (UII). Sementara itu, untuk mahasiswa ada program strategis terkait dengan penelitian.

7 (2)Sebagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII menyelenggarakan Workshop Softskill Mahasiswa. Workshop diselenggarakan di Gedung Kuliah Umum (GKU) Dr. Sardjito Sayap Barat Lt. 1, Sabtu, 25 Jumadil Ula 1437 H/5 Maret 2016.

Workshop dengan tema “Membangun Kreativitas melalui PKM” tersebut bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam penulisan karya tulis ilmiah. Bertindak sebagai narasumber Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UII, Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D.

Workshop tersebut dihadiri mahasiswa PAI angkatan 2014 dan 2015 beserta Dosen Pembimbing Akademik (DPA) PAI. Mahasiswa cukup antusias mengikuti acara tersebut. Hal tersebut terlihat beberapa pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber.

Prof. Fauzy—begitu dia biasa disapa—dalam paparannya memberikan tip dan trik menyusun Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Dikti. Menurutnya, skema PKM terdiri dari 7 bidang; PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-T (Penerapan Teknologi), PKM-KC (Karya Cipta), PKM-AL (Artikel Ilmiah), dan PKM-GT (Gagasan Tertulis).

Dengan melihat skema tersebut, mahasiswa PAI berpeluang untuk berkompetisi mendapat hibah. Mahasiswa harus mampu menuangkan ide dalam bentuk proposal dengan menyesuaikan skema hibah yang akan didanai. Dengan terbiasa menuangkan ide disitulah kreativitas terus terasah.

Dalam acara tersebut Ketua Program PAI, Dr. Junanah, MIS mengenalkan nama-nama DPA kepada mahasiswa. Harapannya, DPA dapat berjalan lebih efektif dan membawa dampak positif bagi mahasiswa. Acara tersebut paling tidak menjadi langkah strategis untuk berjalannya proses bimbingan mahasiswa dengan DPA yang efektif.

Sebelumnya, acara dibuka secara resmi oleh Dekan FIAI, Dr. H. Tamyiz Mukharrom, MA. Setelah berlangsungnya workshop, diharapkan para mahasiswa yang hadir menyusun proposal PKM dengan dibimbing oleh DPA masing-masing. (Samsul Zakaria/EM)