FIAI Satukan Alumni di Demangan Baru

Sabtu (26/12) pagi mulai pukul 10.00 WIB para alumni Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) berkumpul di kampus Demangan Baru, kampus FIAI sebelum di Kampus Terpadu Kaliurang. Sebelumnya mereka mengikuti opening ceremony Reuni Akbar dan Munas Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII pada Jum’at malam di Auditorium Kahar Muzakkir Kampus Terpadu UII.

Temu alumni FIAI berlangsung cukup meriah karena dihadiri oleh berbagai angkatan dan dari berbagai daerah di Jawa dan luar Jawa. Dalam kesempatan itu juga diadakan sharing antara alumni dan jajaran FIAI untuk mendapatkan berbagai masukan atau ide-ide untuk membangun dan memajukan FIAI ke depan.

 

Temu Alumni FIAI Semua Angkatan di Kampus FIAI Demangan Baru

Dalam sambutannya, Dekan FIAI, Drs. H.M. Fajar Hidayanto, M.M., menyampaikan bahwa sebelum merger antara Fakultas Syari’ah dan Fakultas Tarbiyah pada tahun 1998, FIAI pernah menempati kampus di Bantul, Sorowajan dan terakhir di Demangan walaupun pada akhirnya kini berada bersama fakultas lain di Kampus Terpadu. Nama FIAI yang memakai kata “ilmu” tidak seperti yang lain, menurut Dekan dikarenakan fakultas ini identik dengan UII yang juga mengajarkan berbagai “ilmu” baik agama maupun umum.

Salah seorang alumni angkatan 1975, Akmal, yang hadir dan pernah menjadi aktivis semasa mahasiswa mengisahkan bahwa pada saat dirinya menjadi mahasiswa itu sangat berat untuk mengangkat nama Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syari’ah karena masih berjalan sendiri-sendiri. Akmal juga menegaskan perlunya mengorganisir FIAI secara lebih baik lagi.

Sementara Roja’i Akbar Munthe dalam kesempatan tersebut mengungkapkan perlunya jalinan kerjasama yang kuat antara fakultas dengan para alumni. Terutama soal komunikasi dan informasi perkembangan FIAI dan UII yang tentunya para alumni juga diharapkan dapat mnyebarluaskan tentang FIAI. “Harus ada kerjasama yang baik antara lembaga dan alumni karena selama ini informasi tentang FIAI belum maksimal,” ungkap guru SMK Nurul Iman Muntilan Magelang ini.

Harapan yang sama juga mucul dari semua alumni yang hadir. Mereka berharap fakultas mampu meningkatkan komunikasi antar alumni dan antar alumni dengan fakultas. Hal ini antara lain dimulai dengan pengisian formulir tracer study untuk mendata dan mendeteksi keberadaan para alumni FIAI UII.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *