Prof Imam Barnadib Berpulang

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali kehilangan salah seorang sivitas akademiknya. Prof. Imam Barnadib, M.A., Ph.D., Guru Besar pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) pada Kamis (26/8) sore dipanggil menghadap ke Hadirat Allah SWT setelah sempat dirawat di RS Jogja International Hospital. Almarhum meninggalkan seorang istri dan lima orang anak.Almarhum yang lahir di Pacitan, 1 September 1930 sebelumnya merupakan Guru Besar FKIP IKIP Yogyakarta sejak 1974. Karir yang pernah almarhum lalui antara lain menjadi Rektor IKIP Yogyakarta sejak April 1974 hingga akhir Pebruari 1979 dan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V, mulai April 1979 hingga akhir Mei 1982.

 

 

Prof Imam Barnadib (kiri) Saat Mengikuti Pemilihan Pemegang Amanah Pasca Sarjana FIAI, Mei 2010 lalu.

Almarhum merupakan salah seorang pakar pendidikan terkemuka di tanah air. Sejumlah karya telah dihasilkannya, diantaranya Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode, Pemikiran Tentang Pendidikan Baru, Pendidikan Perbandingan, Beberapa Hal Tentang Pendidikan, dan karya lainnya. Karya-karya yang diterbitkan antara lain oleh Andi Offset Yogyakarta, Institute Press IKIP Yogyakarta, dan Studing tersebut menjadi rujukan dalam program pendidikan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Almarhum telah lama mendarmabaktikan diri dalam pendidikan di UII dan sejak awal 1990-an telah masuk dalam jajaran dosen tetap yang diajukan dalam proses akreditasi program studi. Selama mengabdi, almarhum terkenal sebagai pribadi yang disiplin dan aktif dalam sejumlah kegiatan. Selain mengabdikan ilmunya di UII, almarhum juga menjadi guru besar luar biasa pada Universitas Gadjah Mada dan IAIN Sunan Kalijaga. Selamat Jalan Prof. Imam Barnadib. Semoga Allah senantiasa mengampuni dan merahmati almarhum dan menguatkan keluarga yang ditinggalkan.