Prodi Ekonomi Islam Siap Gelar Seminar Nasional

Dalam rangka memperingati Sewindu Program Studi Ekonomi Islam FIAI UII akan menggelar Seminar Nasional dengan tema Mempersiapkan SDM Andal Bidang Ekonomi Syari’ah pada Rabu 11 Mei 2011 mendatang di GKU Prof. Sardjito MD, M.Ph UII pukul 08.30 WIB sampai selesai. Mulya Effendi Siregar, Deputi Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia akan hadir sebagai narasumber. Selain Mulya juga Prof Dr. KH. Didin Hafidhuddin, M.Sc, Guru Besar IPB dan Ketua Umum BAZNAS dan akademisi ekonomi syariah Dr. Drs. Dadan Muttaqien, SH., M.Hum turut menjadi pembicara. Menurut salah satu panitia, M. Agus Khoirul Wafa, SEI kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian dan kontribusi Prodi atas perkembangan ekonomi Islam di Indonesia yang terus berlangsung baik. Selain itu, dalam dataran akademik maupun sebagai sebuah sistem ekonomi, ekonomi syariah juga telah memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional.

Agus menambahkan tema  SDM sengaja dipilih mengingat pertumbuhan pesat di sektor keuangan Islam saat ini membutuhkan perhatian dan kerjasama banyak pihak karena sampai  Januari 2011 jaringan kantor perbankan syariah baik bank umum syariah, unit usaha syariah, dan bank pembiayaan rakyat syariah telah mencapai 1.796 kantor. Adapun SDM yang diserap telah mencapai 15.748 (pada bank umum syariah), 1.834 (unit usaha syariah), dan 3.172 (bank pembiayaan rakyat syariah). “Apabila BMT dimasukkan dalam kategori ini, maka jumlahnya pun akan makin besar dan ini menunjukkan adanya potensi besar yang dapat terus dikembangkan terkait SDM yang nantinya akan menjadi pendukung perkembangan perbankan syariah di Indonesia”, terangnya.

Melalui seminar ini diharapkan muncul kontribusi pemikiran bagi pengembangan SDM ekonomi Islam baik bagi penyelenggara pendidikan, pengambil kebijakan maupun aspek legal formalnya. Sedang target peserta  meliputi pengelola pendidikan ekonomi Islam, pelaku usaha atau praktisi, dosen dan guru, mahasiswa pascasarjana, dan masyarakat umum yang memiliki komitmen terhadap pengembangan ekonomi Islam.

Seminar nasional ini merupakan rangkaian kegiatan Temu Ilmiah Regional (Temilreg) Forum Silaturrahmi Ekonomi Islam (FoSSEI) yang diselenggarakan di UII termasuk olimpiade Ekonomi Islam bagi mahasiswa, Ceria Ilmiah dan Lomba Membuat Komik Ekonomi Islam untuk siswa SMU.