FIAI UII Raih Peringkat 4 Lomba Poster SARAS

Ialah Anisah Budiwati, S.HI., M.SI., dosen Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyah (PSAS) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) yang mengharumkan nama UII dari torehan prestasinya dengan meraih juara 4 (empat) dalam lomba poster bidang falak, yang diadakan oleh kerjasama 3 lembaga yakni Jakim Negeri Perak, Universitas Malaya, dan Institut Tanah dan Ukur Negara yang dilaksanakan di INSTUN Perak Malaysia pada 17-18 Oktober 2018 / 8-9 Safar 1440 H.

Ia harus bersaing dengan 15 peserta lomba poster lainnya. 13 peserta asal Perguruan Tinggi Pascasarjana Malaysia seperti USM, UKM, UM dan 2 peserta tersisa berasal dari Indonesia.

“Saya dari UII dan Faiz Faricha dari STAI Al-Muhammad Cepu Jawa Tengah” tuturnya.

Menurut Anis, poster yang diikutsertakan adalah hasil penelitiannya bersama mahasiswa yang membahas tentang kecenderungan pola pikir masyarakat perkotaan terkait arah kiblat tempat ibadah di ruang publik di Kabupaten Sleman yang termasuk memiliki pemahaman yang baik sebagai model kualitas hidup Islami, dalam hal memaksimalkan dan mengoptimalkan fungsi tempat ibadah.

“Itu hasil penelitian saya dengan mahasiswa tentang pola pikir masyarakat sleman tentang arah kiblat”, jelasnya

Baca juga: Inovasi Anisah dalam Simposium Dosen Falak Nasional

Anis menambahkan bahwa pola pemahaman yang dimiliki pengelola Masjid ini dilihat dari perspektif teori kebudayaan. Dimana kecenderungan positif terhadap pentingnya arah kiblat merupakan hubungan unsur-unsur kebudayaan.

Serta interaksi antara tiga unsur: peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi), sistem ilmu dan pengetahuan, dan sistem kepercayaan (religi).

Ketiga unsur tersebut menciptakan pola pemahaman para pengelola disebabkan adanya integrasi tuntunan agama, pengetahuan ilmu geografi dan astronomi.

Serta tuntutan perawatan maupun perubahan pada desain Masjid sebagai tempat ibadah yang akan sering sekali dikunjungi publik umumnya.

FIAI UII Raih Peringkat 4 Lomba Poster SARAS

Anisah Budiwati, S.HI., M.SI., sedang menjelaskan hasil posternya kepada dewan juri di ajang lomba poster bidang falak di INSTUN Perak Malaysia (r)

Southeast Asia Regional Astronomy Seminar

Selain lomba poster, agenda yang diikuti adalah Seminar Falak Nusantara (Southeast Asia Regional Astronomy Seminar).

Dengan pembicara dari Indonesia, Brunei dan Singapura, seminar ini membahas tentang astronomi.

Bahasannya mencakup observatorial astronomy (astronomi pengamatan), cultural astronomy (astronomi budaya), islamic astronomy (ilmu falak), dan (astronomi komunitas).

Baca juga: PKBHI dan Komunitas Falak Ukur Arah Kiblat

Dengan ini, Anis sangat bersyukur dapat diberikan kesempatan untuk dapat mengikuti lomba poster di bidang falak.

“Puji syukur “alhamdulillah” saya diberikan kesempatan dan dapat meraih juara ke empat, yang merupakan pengalaman pertama kalinya mengikuti lomba poster”, tuturnya.

Ia juga berharap agar dapat diberikan kesempatan lagi untuk mengikuti event-event berskala internasional lainnya di bidang falak. (r)

Related Post

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *