,

20 Mahasiswa Universiti Malaya Pelajari Islam Indonesia di UII

Islam di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Terlebih karena Indonesia adalah bangsa yang multikultural (beragam budaya). Benar bahwa Islam itu satu. Namun dalam tataran praktis, implementasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan suatu bangsa menjadi bermacam-macam. Implementasi tersebut baik konteks sosial, budaya, politik, ekonomi, dan seterusnya.
1Berkenaan dengan itu sebanyak 20 mahasiswa dari Universiti Malaya (UM) Malaysia melakukan program kunjungan akademik (academic visit) ke Universitas Islam Indonesia (UII). Rombongan mahasiswa UM diketuai oleh Ahmad Mustaqim bin Ahmad Rosli. Mereka akan berada di Yogyakarta selama 16 hari, 5-30 Muharram 1438 H/16-31 Oktober 2016.

Selama berada di UII mereka akan mendapatkan kuliah dari para dosen UII khususnya dosen Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI). Materi kuliah dirancang untuk mendeskripsikan tema program yaitu “Islam in Indonesia as a Multicultural Country”. Selain kuliah, mereka juga akan melakukan sosial engangement di Dewa Wisata Petung, Pagerjurang. Selebihnya, mereka juga akan mengunjungi beberapa tempat wisata di Yogyakarta.

Penyambutan secara resmi sekaligus pembukaan program dilaksanakan di Ruang Sidang FIAI, Senin, 16 Muharram 1438 H/17 Oktober 2016. Dalam sambutannya, Wakil Dekan FIAI Dra. Sri Haningsih, M.Ag., berharap program yang baru kali pertama dilaksanakan tersebut dapat berlanjut. Khususnya agar mahasiswa FIAI dapat juga berkunjung ke UM. “Sehingga ada timbal balik dari program yang baik ini,” harapnya.

Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., menyambut baik kehadiran mahasiwa dari UM ke UII. Dalam sambutannya, rektor menceritakan selayang pandang tentang UII. Secara khusus rektor mendukung program international mobility (mobilitas internasional) mahasiswa baik yang incoming (ke UII) atau outgoing (ke luar UII). Rektor berharap dengan program ini mahasiswa UM dapat memahami Islam di Indonesia dengan baik.

Program tersebut terlaksana atas kerjasama FIAI, International Program (IP) UII, dan Direktorat Pemasaran, Kerjasama, dan Alumni (DPKA) UII. Selama di UII mahasiswa UM didampingi oleh buddies dari Tim Marketing dan Communication (Marcom) FIAI. Dengan pola demikian maka mahasiswa UII khususnya FIAI juga turut berperan aktif dalam program tersebut.

Secara umum, program berjalan dengan baik. Penutupan secara resmi dilakukan pada Jumat, 27 Muharram 1438 H/28 Oktober 2016 di Ruang Sidang FIAI. Saat penutupan ditampilkan Tari Jawa dari alumnus IP UII, penampilan Tari Boria dan Tari Indang dari mahasiswa UM.(Samsul Zakaria)