,

PSEI Gulirkan Hibah Penelitian Kolaboratif Dosen Mahasiswa 2016

Salah satu kegiatan akademik mahasiswa di perguruan tinggi adalah melakukan penelitian (riset). Hasil penelitian ini disusun dalam suatu karya ilmiah untuk dipertanggungjawabkan pada akhir studinya. Penelitian dalam rangka menyelesaikan skripsi tersebut merupakan suatu kegiatan ilmiah yang diarahkan untuk mengembangkan pengetahuan dengan menggunakan berbagai informasi dan metodologi dalam bidang ilmu yang melingkupinya.

5(1)Dalam kegiatan tersebut mahasiswa dituntut mengerahkan kemahiran berpikir, bersikap dan bertindak dalam usaha menggali dan mengembangkan pengetahuan yang baru untuk disumbangkan dalam bidang keahliannya. Selain itu dituntut untuk menerapkan kaidah dan etika ilmiah yang berlaku di lingkungan masyarakat ilmiah.

Dalam rangka peningkatan kapasitas (capacity building) di ranah akademik, khususnya dalam riset bagi mahasiswa dan dosen, Program Studi Ekonomi Islam (PSEI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) menggulirkan Hibah Kompetisi Penelitian Kolaboratif Dosen-Mahasiswa 2016. Tujuan dari program ini adalah peningkatan mutu penelitian mahasiswa dalam bentuk skripsi dan menumbuhkan jiwa kompetitif dalam diri mahasiswa.

Program ini ditujukan bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Diantaranya, telah menempuh mata kuliah Metodologi Penelitian dan Statistik II, belum pernah mengikuti program serupa, dan bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku dalam program ini. Topik yang ditawarkan difokuskan pada 9 hal, termasuk Corporate Social Responsibility (CSR), Consumer Behaviour, Halal Industry, Manajemen Zakat Infaq Shadaqah dan Wakaf (ZISWAF), dan Industri Kreatif.

Proposal yang masuk di-review oleh internal dosen PSEI. Tim reviewer program ini adalah Dr. Siti Achiria, SE., MM., Soya Sobaya, SEI., MM., dan Zein Muttaqin, SEI., MA. Sementara itu, kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahap. Dimulai dari Publikasi pada 29 Agustus 2016, Pendaftaran dan Penyerahan Berkas Administrasi (13 September 2016), Seleksi Administrasi dan Proposal (16 September 2016), Seminar Proposal (20 September 2016), dan Pengumuman Hasil Seleksi Akhir, Kamis, 20 Dzulhijjah 1437 H/22 September 2016.

Melalui proses Seleksi Administrasi dan Seminar Proposal diputuskan peraih Hibah Penelitian Kolaboratif Dosen-Mahasiswa 2016 adalah: Nadia Nuril Firdaus (14 423 167), Khozin Zaki (13 423 067), M. Tamrin (14 423 007), Camelia Rizkia M (13 423 097), Gandys Marisha Utami (14 423 085), dan Khurul Aimmatul Ummah (13 423 175). Masing-masing mahasiswa tersebut akan mendapatkan satu dosen pembimbing dan hasil penelitiannya akan diarahkan sebagai tugas akhir (skripsi).

Ketua PSEI Dr. Drs. Rahmani Timorita Yulianti, M.Ag., mengungkapkan bahwa riset kolaboratif dosen-mahasiswa sangat penting dilakukan dan diteruskan untuk pengembangan potensi dan kompetensi keilmuan dosen. “Sekaligus sebagai media pembelajaran dan pembinaan kepada mahasiswa,” ungkapnya. “Agar tumbuh sense of academic-nya serta terbiasa berkontribusi terhadap fenomena dan permasalahan di masyarakat melalui kajian riset,” tutupnya. (Samsul Zakaria/DMP/Ekis)