,

Prodi Ekonomi Islam Adakan Studium General

Masih dalam rangka orientasi mahasiswa baru, Sabtu (12/9) lalu, Program Studi Ekonomi Islam (Prodi Ekis) FIAI UII mengadakan Studiun Generale (SG) 2015 dengan tajuk: “Meningkatkan Kapabilitas Lulusan Ekonomi Islam di Tengah Persaingan SDM Industri Keuangan Syariah”.

Acara tersebut bertujuan untuk mempererat ukhuwah antara mahasiswa baru angkatan 2015 dengan Prodi Ekis. Selain itu guna memberikan wacana lebih luas mengenai kondisi industri syariah di Indonesia. Tujuannya supaya mahasiswa memiliki orientasi belajar yang lebih baik untuk mendalami dunia perkuliahan ke depan.

Narasumber pada acara yang diselenggarakan di GKU Dr. Sardjito ini adalah Ibu Mursida Rambe, Direktur BMT Beringharjo Yogyakarta. Dalam kuliahnya, Ibu Rambe berbagi pengalaman mengelola BMT Beringharjo yang didirikan dengan modal Rp 1 juta. Saat ini, BMT tersebut memiliki cabang di kota-kota besar di Indonesia.

Ibu Rambe memotivasi mahasiswa untuk ikut aktif dalam kegiatan organisasi kampus sebagai modal untuk menghadapi dunia kerja. “Jadilah mahasiswa yang aktif di organisasi, bukan hanya datang, duduk, diam, pulang, tidur,” tuturnya. Dia juga menekankan pentingnya mendirikan lapangan kerja untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Selain diisi dengan narasumber utama, SG juga diisi oleh alumni Prodi Ekis angkatan tahun 2006, Nasruddin, SEI., MEI. Dia memberikan testimoni mengenai kesuksesan alumni Prodi Ekis yang tersebar di seluruh nusantara. Baginya, alumni Prodi Ekis harus memberi motivasi kepada mahasiswa baru untuk tidak menjadi mahasiwa yang hanya mengenal kos dan kampus, tapi juga aktif di mana saja.

Di samping kuliah inti, program tahunan ini juga diramaikan dengan doorprize dan pengenalan organisasi FKEI oleh Presiden FKEI, Adi Wibowo. Acara yang dipandu oleh Fajar Fandi Atmaja, Lc,, MSI., ini disambut meriah dan antusiasme mahasiswa baru hingga berakhir pukul 11.45 WIB.

Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam, Dr. H. Tamyiz Mukharrom, MA., dalam sambutannya, berharap Prodi Ekis dapat berkontribusi terhadap sumber daya insani di Indonesia. Termasuk di Lembaga Keuangan Syari’ah (LKS).