Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 Januari 1996

Sampul Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 Januari 1996

Daftar Isi Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 Januari 1996

Dari Redaksi Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 Januari 1996

Adanya suatu penelitian, karya ilmiah, baik majalah maupun jurnal pendidikan yang berorientasi pada pengembangan sistem pendidikan Islam yang memadai oleh Fakultas Tarbiyah UII, sebenarnya sudah lama didambakan oleh Civitas Akademikanya. Walaupun dalam reaiitasnya baru dapat terealisir tahun akademik 1995 /1996, dan untuk mewujudkan keinginan tersebut redaksi masih menganggap perlu untuk menerbitkan beberapa naskah hasil seminar yang pernah diselenggarakan Fakultas Tarbiyah, yang dinilai masih relevan untuk diterbitkan.

Beberapa naskah seminar dimaksud, adalah tulisan Prof. Dr. H. Mastuhu M.Ed., Dr. H.M. Amin Abclullah, dan Drs. Abdul Munir Mulkhan, SU., yang di dalamnya menawarkan beberapa pembaharuan Sistem Pendidikan Islam. Sedangkan penyumbang tulisan dari dosen Fakultas Tarbiyah UII, antara lain tentang Karakteristik dan Prospek pendidikan Islan di Indonesia dan Orientasi dan cita-cita pendidikan Islam. Kemudian, kolom bedah buku kali ini mengangkat judul “Educational Theory a Qur’anic Outlook karya Abdul Rahman Salih Abdullah, 1982, digarap oieh alumnus Lakehead University Canada, yang juga Dosen Fakultas Tarbiyah UII. Walaupun kajiannya masih bersifat teoritis, namun perlu untuk dibaca.

Persiapan untuk menerbitkan Jurnal Pendidikan Islam ini dijiwai dengan semangat ingin menonjolkan ‘yang terbaik’, karena itu untuk penerbitan edisi I Januari 1996 ini disertai pula ISSN. Paling tidak, hal ini akan memberikan semangat dan komitmen para pengelolanya untuk menjadikan jurnal tersebut sebagai media yang layak dan selalu siap terbit setiap 6 (enam) bulan. Insya Allah.

Selamat membaca.


Editorial Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 Januari 1996

 

Rekonstruksi

Karakteristik dan Prospek Pendidikan Islam di Indonesia

Muzhoffar Akhwan

 

Rekonstruksi

Link and Match Lembaga Pendidikan Tinggi Tenaga Kependidikan Agama Islam: Menuju Pencarian Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam

Mastuhu

 

Horison

Orientasi dan Cita-cita Pendidikan Islam

Aden Wizdan

 

Sorotan

Sistem Pendidikan Islam Klasik dan Modern

Muslih Usa

 

Bedah Buku

Teori Pendidikan Menurut Al-Qur’an oleh Abdul Rahman Shaleh ‘Abdullah

Azharuddin Sahil

 

Rekonstruksi

Perspektif “Link and Match” Lembaga Pendidikan Tinggi Tenaga Kependidikan Agama Islam (Rekonstruksi atas Tinjauan Metodologi Pembudayaan Nilai-nilai Keagamaan)

M. Amin Abdullah

Rekonstruksi

Rekonstruksi Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial: Refleksi Beberapa Agenda Kerja

Abdul Munir Mulkhan

 

Related Post

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *