Peningkatan Kompetensi Guru PAI

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indoensia (UII) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam  Kementerian Agama RI mengadakan pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PKG-PAI) di Hotel Satya Graha, Yogyakarta, Rabu-Jum’at, (5-7/12/2012).

 

Ketua panitia, Drs. AF. Djunaedi, MAg, mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 120 orang peserta yang terdiri dari guru agama Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan guru agama Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) dari wilyah Kulonprogo, Bantul dan Sleman dan sekitarnya. “Fokus dari Diklat ini adalah pengembangan dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam, strategi PAI dan PTK”, katanya saat memberikan laporan pelaksanaan.

Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan FIAI, Dr. Drs. H. Dadan Muttaqien, SH.,M.Hum. Dalam sambutannya ia mengatakan guru adalah pencetak bangsa untuk maju apalagi dalam Tarbiyah tidak hanya mengajar melainkan juga mendidik siswanya agar kelak tidak hanya menjadi penonton akan tetapi mampu menjadi pelaku. “Belajar diwaktu kecil seperti memahat di atas batu, untuk itu pendidikan karakter adalah merubah moral dan perilaku siswa agar menjadi lebih baik”, ujarnya.

Dalam pelatihan ini, panitia telah mempersiapkan berbagai materi antara lain kebijakan peningkatan kompetensi guru PAI, UUD 45, pendidikan budaya dan karakter bangsa, leadership, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, teknik analisis SK/KD dan materi, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, evaluasi pembelajaran afeksi, menyusun instrumen evaluasi pembelajaran berbasis afeksi, rencana tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran afeksi, karya tulis ilmiah, penjelasan program dan pree test, evaluasi dan pos test, evaluasi pembelajaran afeksi pada mata pelajaran pai di sekolah, monitoring dan evaluasi.

Related Post

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.