Makrab HMJ PAI Berlangsung Meriah di Pantai Indrayanti

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kembali lagi, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan hajatan akbar berupa acara malam keakraban. Acara ini dilaksanakan mulai Jumat (7/12/2012) hingga Sabtu (8/12/2012) bertempat di salah satu deretan pantai selatan Yogyakarta, Indrayanti. Acara ini diikuti hampir seluruh mahasiswa PAI angkatan baru 2012 dengan diawali seremonial pelepasan makrab dari Dekan FIAI UII, Dr. Drs. H. Dadan Muttaqin, SH, M.Hum. Setelah sholat Jum’at, pukul 13.30, seluruh peserta makrab berangkat menuju tempat makrab yaitu pantai Indrayanti, gunung kidul Yogyakarta.

Hujan yang mengguyur wilayah Kaliurang dan sekitarnya tidak menyurutkan semangat dalam mengikuti makrab. Dekan FIAI dalam sambutannya yang bersemangat menyampaikan agar seluruh peserta dan panitia makrab bisa membawa diri masing-masing. “Jaga diri kalian masing-masing, jaga pula nama baik PAI khusunya dan FIAI pada umumnya, dan selalu bersikap sesuai dengan syariat agama Islam dimanapun kalian berada”, tutur Dekan dalam sambutannya.

Setelah menempuh sekitar dua jam perjalanan tepatnya pukul 16.00 WIB peserta makrab tiba di Joglo penginapan yang masih berlokasi di pantai Indrayanti. Seolah tidak ada kata lelah, seluruh peserta makrab bergegas membersihkan diri dan berbenah untuk melanjutkan acara acara Sharing. Disela-sela jadwal kegiatan yang padat, sebagai konsekuensi sebagai mahasiswa Muslim seluruh peserta makrab tidak lupa menjalankan kewajiban sholat berjamaah dan mangaji bersama sebagai prinsip yang memang harus dipegang.

Setelah itu acara Sharing dimulai dengan bingkai ramah tamah dan perkenalan baik untuk seluruh peserta maupun untuk seluruh pengurus HMJ. Acara perkenalan dilanjutkan dengan memperkenalankan HMJ PAI itu sendiri kepada mahasiswa baru 2012 yang juga menjadi peserta utama dalam acara makrab kali ini. Setelah acara Sharing usai, acara dilanjutkan dengan malam api unggun dan pentas seni. Disinilah seluruh mahasiswa mengakrabkan diri dengan berbagi canda, tawa, dan bahagia. Apalagi, adanya pentas seni yang bertujuan mengasah kreativitas mahasiswa. Yang paling penting adalah mahasiswa berani mengekspresikan bakat dan skill yang dimiliki oleh mahasiswa. Ada yang menampilkan yel, puisi, nyanyi dan kreasi penampilan lainnya. Warna warni pentas seni tersebut ditutup dengan bakar-bakar jagung.

Makrab HMJ Tarbiyah 2012

Keesokan harinya, Sabtu 8 Desember 2012, seluruh peserta makrab melakukan senam pagi sebagai awal permulaan pada hari kedua. Pukul 07.00 WIB panitia mulai membagi peserta makrab menjadi 5 kelompok kecil untuk mengikuti hiking dan segenap rangkaian games. Perjalanan hiking ditempuh melalui pematang sawah, sungai, dan sepanjang pantai Indrayanti sampai pantai sandranan yang sangat eksotis. Semuanya rangkain acara berjalan dengan lancar dan penuh keakraban serta mamapu mempererat jalinan ukhuwah islamyah antara sesama.

 

 

Related Post

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.