Sharia Economic Event UII 2012

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Forum Kajian Ekonomi Islam (FKEI) dan HMJ Ekonomi Islam FIAI UII serta didukung oleh  Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII), sukses menyelenggarakan event tahunan pertama mereka bernama Sharia Economic Event UII 2012 pada Sabtu (1/12/2012). Kegiatan dilaksanakan di Gedung Sardjito Kampus Terpadu UII dengan tema “Menuju Indonesia sebagai Kiblat Industri Syariah Dunia: Sinergi Empat Industri Berbasis Nilai-nilai Islami”.

Menurut penuturan Ketua Panitia SEE UII 2012, Salasin Yasykur, tema ini sengaja dipilih untuk memberikan gambaran kepada masyarakat umum dan mahasiswa pada khususnya bahwa ekonomi Islam itu tidak sebatas pada perbankan maupun lembaga keuangan saja tetapi lebih luas cakupannya, salah satunya adalah bisnis atau industri yang berlandaskan pada prinsip nilai-nilai Islami. Tayangan dan media Islami, busana muslim, makanan dan minuman berlabel halal pun itu juga termasuk ekonomi Islam.

Seminar nasional ekonomi Islam menjadi pembuka rangkaian kegiatan SEE UII 2012. Seminar dibuka oleh penampilan dari paduan suara mahasiswa (PSM) UII yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UII, lalu dilanjutkan pembacaan kalam illahi oleh Ridho, mahasiswa Program Studi Hukum Islam FIAI UII, dan secara resmi dibuka dengan membaca surat Al-Fatihah oleh Dekan FIAI UII. Seminar berlangsung dari jam 09.00-12.20 dengan diisi oleh empat narasumber dari latar belakang yang berbeda. Seminar dibagi menjadi dua sesi dengan diselingi coffe break. Seminar ini dimoderatori oleh Yuli Andriansyah, dosen Prodi Ekonomi Islam FIAI UII.

Seminar Nasional dalam Rangkaian SEE 2012

Sesi pertama diisi oleh pemaparan artikel dari Dr. Drs H. Dadan Muttaqien., SH, M.Hum (Dekan FIAI UII) yang berbicara secara global mengenai prospek dan potensi keempat Industri tersebut dalam upaya menjadikannya berpusat di Indonesia. Dilanjutkan pembicara kedua dari Masyarkat Ekonomi Syariah (MES) Yogyakarta, Priyonggo Suseno, M.Sc yang memaparkan mengenai “Peran Masyarakat (MES) dalam Pengembangan Ekonomi Islam”.

Setelah coffe break dilanjutkan ke sesi kedua yang memaparkan dari kacamata industrinya langsung. Dari Industri media berkonten Islami diwakili oleh Iggi Achsin, SE yang merupakan dewan pakar Majalah Sharing dengan presentasi berjudul “Peran dan Kontribusi Media Informasi dalam Perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia: Pengalaman Sharing” dan dari industri keuangan syariah diwakili oleh H.M Iman Sastra Mihajat, Lc, PDIBF, M.Sc Fin, Ph.D (Ahli keuangan Islam dan Shariah compliance Asuransi Takaful) yang membawakan materi berjudul “Menuju Indonesia sabagai Kiblat Industri Keuangan Syariah Dunia: Prospek dan Tanntangan”. Dalam sesi seminar ini nampak peserta sangat antusias dengan banyaknya yang bertanya kepada para pembicara.

Sesi kedua kegiatan diisi dengan talkshow interaktif yang membicarakan industri makanan halal, dengan menghadirkan salah satu pengusaha Yogyakarta, Yoyok Heri Wahyono, pemilik Waroeng Spesial Sambal “SS”. Ada satu hal yang unik dalam sesi kali ini, jika biasanya pembicara membawakan materi dalam bentuk slide show, maka pada acara SEE UII ini pak yoyok mengajak para peserta melihat film singkat berdurasi 16 menit yang berisi 10 tahun perjalanan Waroeng SS hingga bisa sesukses kini memiliki 52 cabang di 25 kota dan memiliki anggota keluarga besar Waroeng SS sebanyak 1600-an jiwa  sekarag. Para peserta sangat semangat menyaksikan fim pendek tersebut, talkshow ini di pandu oleh Faris yang tak lain adalah Mahasiswa Ekonomi Islam FIAI UII yang juga seorang entrepreneur muda berhasil menghidupkan suasana dengan mengajak berinteraksi kepada peserta yang hadir.

Setelah itu dilanjutkan oleh talkshow bersama Hijabers Community Yogyakarta yang dipandu oleh Mulya Sari Agustina Mahasiswa Ekonomi Islam angkatan 2011. Dalam talkshow ini panitia menghadirkan ketua Hijabers Community Yogyakarta yaitu Kuning Kinasih yang berbicara singkat mengenai bisnis busana muslim dan pengenalan singkat mengenai Hijabers Community itu sendiri. Tak hanya sekedar talkshow saja acara dilanjutkan dengan tutorial pemakaian hijab ala Hijabers bagi kaum muslimah muda.

Kreasi Jilbab oleh Hijabers Community Yogyakarta

Dan terakhir yang menjadi acara puncak serta ditunggu-tunggu oleh sebagian para peserta semenjak pagi hari adalah penampilan fashion show dari Hijabers Community Yogyakarta. Para peserta tampak terpukau dengan peragaan busana yang ditampilkan oleh 10 model yang mengenakan baju-baju muslim bergaya Hijabers. Dan acara SEE UII 2012 ini pun ditutup dengan pembagian doorprize dari para pihak yang telah mendukung terselanggaranya SEE UII 2012 ini.

Penyelenggaraan SEE UII 2012 yang kali pertama ini tentunya tak lepas dari dukungan beberapa pihak yang telah turut serta mendukung antara lain; Program studi Ekonomi Islam FIAI UII, Majalah Sharing, Hijabers Community Yogyakarta (HCY), Waroeng Spesial Sambal “SS”, ABC Catering, Nasi Boled Mang Jaink, Wardah Cosmetic serta para donatur lainnya.

Unduh Presentasi Seminar

  1. Menuju Indonesia Menjadi Kiblat Industri Syari’ah Dunia: Sinergi Empat Industri Berbasis Nilai-Nilai Islami oleh Dadan Muttaqien
  2. Peran Masyarakat (MES) dalam Pengembangan Ekonomi Islam oleh Priyonggo Suseno
  3. Peran dan Kontribusi Media Informasi dalam Perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia: Pengalaman Sharing oleh Iggi H. Achsin
  4. Menuju Indonesia sabagai Kiblat Industri Keuangan Syariah Dunia: Prospek dan Tantangan oleh Iman Sastra Mihajat

 

Related Post

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.