Kuliah Perdana Mahasiswa Baru 2012-2013 PPS FIAI

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Program Paska Sarjana (PPS) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar kuliah perdana bagi mahasiswa baru tahun akademik 2012-2013 pada Ahad, 16 September 2012. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 13.00 di Ruang Seminar PPs FIAI UII Kampus Demangan Baru ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec., Rektor UII dan juga Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi). Tema yang diangkat yaitu Perguruan Tinggi dan Kontra Korupsi.

Rektor UII dalam paparannya menawarkan sepuluh solusi dalam memberantas Korupsi. Sepuluh hal tersebut adalah: (1) Membentuk Perilaku Anti-Korupsi Melalui Pendidikan; (2) penanaman nilai-nilai budaya luhur pada masyarakat (kejujuran, budaya malu, disiplin, kesederhanaan, daya juang); (3) teladan dari keluarga dan pemuka masyarakat; (4) membangunkan kesadaran masyarakat bahwa korupsi sama bahayanya dengan teroris dan menjadikan korupsi menjadi musuh bersama masyarakat; dab (5) carrot and stick untuk birokrasi dan aparat penegak hukum.

Selain itu, upaya lainnya berupa (6) transparansi perencanaan program penganggaran; (7) penerapan pembuktian terbalik secara murni dan memberi perlindungan hukum pada saksi pelapor; (8) hukuman yang sangat berat pada aparat penegak hukum yg korupsi pada waktu menangani kasus korupsi; (9) Presiden dan Wakil Presiden mempunyai komitmen yang kuat dan konsisten dalam pembrantasan korupsi; dan (10) mendukung penegakan hukum yang telah berhasil dilakukan oleh KPK.

Unduh Makalah dan Presentasi

  1. Korupsi, Pembangunan Ekonomi, dan Peran Perguruan Tinggi Memerangi Korupsi oleh Edy Suandi Hamid
  2. Praktik Korupsi dan Peran Perguruan Tinggi untuk Mengatasi Korupsi oleh Edy Suandi Hamid
  3. Pendidikan Anti-Korupsi Untuk Perguruan Tinggi  oleh Dirjen Dikti Kemendikbud RI

 

Related Post

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.