Pengamatan Gerhana Bulan Sebagian Seri Saros

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (PKBHI) FIAI UII mengadakan pengamatan terhadap fenomena alam Gerhana Bulan Sebagian seri Saros yang terjadi pada hari Senin (04/06/2012) malam. Pengamatan dilaksanakan di depan Gedung FPSB UII. Ketua PKBHI, Drs. Sofwan Jannah, M.Ag., mengatakan kemungkinan gerhana akan berlangsung selama dua jam dari pukul 17.00 sampai dengan 19.00 WIB dan dapat dilihat langsung. “Gerhana Bulan dapat disaksikan langsung akan tetapi jika menggunakan teleskop akan tampak lebih jelas posisinya,” ujar pakar falak tersebut.

 

Pengamatan Gerhana Bulan Sebagian Seri Saros

Menurut BMKG seri Seros merupakan suatu siklus gerhana bulan sebagian dimana yang terjadi pada waktu tersebut merupakan anggota ke 24 dari seri Saros 128 yang jumlah anggotanya 77 buah gerhana bulan. BMKG juga memprediksi pada tahun 2012 ini akan terjadi empat buah gerhana berupa dua buah gerhana Bulan dan dua buah gerhana Matahari. Gerhana bulan yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian (GBS) yang terjadi pada tanggal 4 Juni 2012 dan Gerhana Bulan Penumbra (GBP) terjadi pada tanggal 28 November 2012. Adapun Gerhana Matahari  berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi pada 21 Mei 2012 dan Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi pada tanggal 14 November 2012.

Gerhana Bulan merupakan peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase Bulan baru. Kegiatan pengamatan ini juga diikuti oleh tujuh mahasiswa Universiti Sains Islam Malayasia (USIM) yang tengah belajar di FIAI dan beberapa mahasiswa prodi syariah sebagai salah satu praktik mata kuliah ilmu falak yang diampu oleh Sofwan Jannah.

Related Post

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.