Peringatan Maulid di Masjid At-Tawwabin

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1433 H, Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (PKBHI) FIAI bekerjasama dengan Takmir Masjid At-Tawwabin, Turen, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman menggelar pengajian akbar bagi masyarakat setempat, Sabtu, (25/2). Menurut Suharto, tokoh masyarakat setempat yang juga takmir masjid tersebut, kegiatan ini diadakan bersamaan dengan program pengabdian masyarakat yang diadakan PKBHI FIAI UII.

Peringatan Maulid di Masjid At-Tawwabin

PKBHI menugaskan K.H. Muzoffar Akhwan, M.A. untuk memberikan ceramah pada pengajian ini. Dalam kesempatan itu Muzoffar mengajak masyarakat untuk merefleksikan kembali nilai-nilai budi luhur yang ada pada diri nabi Muhammad Rosulullah. “Rasulullah SAW memiliki akhlak yang baik yang patut untuk ditiru atau di teladani oleh kita semua sebagai umatnya,” ujar Muzoffar seraya mengutip salah satu ayat dalam Alqur’an.

Lebih lanjut ia menuturkan  Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman, telah dikaruniai oleh Allah SWT berupa akhlak-budi pekerti yang baik karena beliau diutus ke bumi tidak lain adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Acara yang diadakan pada malam hari ini, diikuti ratusan masyarakat setempat dan sekitarnya yang datang untuk mendengarkan ceramah Maulid.

Kegiatan pun semakin meriah dengan iringan alunan musik gamelan dan organ tunggal bersama alunan solawatan grup kasidah setempat. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program pengabdian masyarakat PKBHI yang kini tengah berjalan di beberapa masjid sekitar Ngaglik.