Hidayatul Mabrur Juara I Lomba Essay FTT UI

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

“Indonesia merupakan tanah syurga” demikian kutipan dari essay Hidayatul Mabrur yang mengantarkannya menjadi Juara I dalam Lomba Essay Festival Timur Tengah (FTT) UI Jakarta 2011. Ia menuangkan pemikirannya dalam essay berjudul ‘Menawarkan Eksotisme Pariwisata Ibu Pertiwi dengan Sentuhan Bahasa Arab, Kenapa Tidak?’ Menurutnya, Indonesia adalah setapak tanah syurga yang jatuh ke bumi, membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote. Berjajar indah menghias cakrawala hingga berjuluk zamrud khatulistiwa. Indah dan kaya alamnya, subur tanahnya, dan begitu banyak kandungan berharga dikerak buminya. Dari sisi keragaman budaya (Tanawwu’u Tsaqofah), negara yang terdiri dari 33 provinsi ini mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Mulai dari dialek bahasa, sastra, tari, musik, lagu-lagu daerah hingga keragaman etnik, suku, ras dan agama yang semua berjalan dengan seimbang dan berdampingan.

Hidayatul Mabrur

Lebih lanjut ia sangat menyayangkan mengapa kekayaan potensi tersebut belum mampu mengantarkan Indonesia sebagai negara yang menjadi salah satu tujuan favorit pariwisata. “Kalimat mujarab Visit Indonesia 2010, Indonesia Wonderful 2011 yang sering dikampanyekan oleh pemerintah seutuhnya belum mampu memberikan kepercayaan kepada wisatawan asing untuk menjadikan Indonesia sebagai tujuan favorit berwisata. Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara-negara tetangganya seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand dan lainnya”, pungkasnya.

Dalam lomba tersebut tampak sekali bahwa ia ingin menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki jumlah umat Islam terbesar di dunia dan faktor sejarah penyebaran Islam yang unik dan situs-situs  sejarah Islam dan penerapkan konsep perpaduan antara keberagaman agama dengan sistem demokrasi. Itu semua menurut Mabrur adalah peluang pariwisata yang luar biasa apabila digarap dengan baik khususnya bagi wisatawan mancanegara dari Timur Tengah.

FTT merupakan kegiatan yang diadakan setiap tahun oleh Fakultas Sastra Arab FIB UI. Festival ini merupakan kali kedua sejak tahun 2010. Kegiatan semacam ini sudah dilakukan sejak dekade 50-an. Sampai dengan dekade 90-an kegiatan semacam ini diberi nama Sahara Fest namun sejak tahun 2010 berganti nama menjadi Festival Timur Tengah.

Festival ini diadakan sekaligus memperingati 50 tahun program studi Arab Universitas Indonesia 2-5 Mei 2011 di FIB UI.  Diikuti oleh 19 universitas yang memiliki program studi Arab yaitu UI, UMY, USU, LAIN WALISONGO, NAFILAH SEMARANG, IAIN BANJARMASIN, UNHAS, UNPAD, UPI, UIJ, UIN YOGYAKARTA, UIN MALANG, UNM, UIN SYARIF HIDAYATULAH, UNNES, UAI, UNJ, UNISBA, UGM, UII, dan INKAFA. Sementara FIAI menjadi delegasi dari UII.

Karnaval, food expo, diskusi panel, bazaar, talk show dan fashion show, bedah buku, seminar, dan Gebyar Seni Arab merupakan rangkaian acara FTT terdiri dari.  Selain itu juga lomba yaitu marawis, band, kaligrafi, makan kebab, pidato, essay, puisi, dan presentasi.

 

Related Post

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.