UM Malang Studi Banding Pembukaan Prodi Ekonomi Islam

Dalam rangka membuka program studi baru Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang, segenap jajaran staf akademik mereka melakukan studi banding ke prodi ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam UII pada hari Selasa (1/3). Rombongan terdiri dari Drs Mohammad Syarif MAg (Wakil Dekan III), Azhar Muttaqin MAg (Kepala Jurusan Akhwal Syakhsiyah), Idaul Hasanah Sag MAg (Kepala Laboratorium Syariah) dan Dra Hj Romlah MAg (Pembantu Dekan I FAI) dipimpin   oleh Drs M Chozin MAg, mantan Dekan FAI UMM periode lalu. Mereka diterima langsung oleh Dekan FIAI Dr Drs H Dadan Muttaqien SH M Hum dan Kepala Prodi Ekonomi Islam H Nurkholis S.Ag., M.Sh.Ec.

Dalam sambutannya Dadan menjelaskan dengan sepenuh hati program studi ekonomi Islam harus economics bukan muamalah yaitu benar-benar memiliki muatan ekonomi yang baik ditunjang dengan nilai-nilai materi keislaman dan dosennya harus memiliki keilmuan yang linear. Untuk itu, alumni prodi ekonomi Islam FIAI tidak ada yang tidak bekerja.

Sementara M Chozin mengatakan bahwa kunjungannya ke FIAI merupakan bentuk keinginan fakultas untuk belajar dari FIAI UII tentang pengalaman membuka prodi Ekonomi Islam. Karena mereka sebelumnya telah melakukan studi banding di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Islam (STIES) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). “untuk aspek akademik secara tertulis dalam proposal termasuk laboratorium harus sudah masuk ke Kementerian Agama pada akhir Maret ini” terang Chozin. Bahkan ia juga menyebutkan bahwa sampai saat ini pihaknya belum memiliki sumber daya manusia atau staf pengajar untuk prodi yang akan dibuka tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *