LEM Gelar Refleksi Muharram 1432 H

Untuk memperingati tahun baru Islam bulan Muharram 1432 H, Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar acara refleksi berupa pemberian motivasi bagi mahasiswa FIAI di Ruang Sidang FIAI pada Rabu, 15 Desember 2010. Melalui tema “Madzab Eksekutif: Releksi Awal Tahun; Memaknai Hijrah dan Aplikasinya dalam Kehidupan dan Perkembangan Islam”  panitia mengundang Drs. Imam Moedjiono, M.Ag sebagai motivator yang diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi mahasiswa FIAI.

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan arti hijrah yakni perjalanan dari Makkah ke Madinah sebagai kota peradaban. Imam mencontohkan negeri tirai bambu China pada tahun 1970 merupakan negara termiskin, terjorok dan lainnya. Namun berubah total saat dipimpin oleh presiden Deng Xiao Ping dengan gerakan penyadaran, pendidikan dan pendanaan kini berubah menjadi negara maju yang berkembang dengan pesat.Menurutnya, hijrah harus fokus pada perubahan kepada yang lebih baik. Karena segala sesuatu akan ditentukan pada saat ini. “Masa depan Anda tergantung pada kehidupan Anda saat ini” tegasnya.

LEM Gelar Refleksi Muharram 1432 H

 

Melalui relfkesi ini panitia mengajak kepada civitas akademik FIAI untuk kembali memaknai arti hijrah yang sesungguhnya yaitu bersungguh-sungguh untuk menatap masa depan lebih baik dengan usaha keras dan maksimal, terutama mahasiswa agar memiliki motivasi dan semangat selama menuntut ilmu.

Sementara dalam kesepatan lain, Imam menambahkan bahwa tidak ada hijrah setelah pembukaan kota Mekkah. Menurutnya hijrah saat ini dapat diartikan proses peralihan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bahkan ia mengingatkan adanya empat hal yang dapat mengangkat derajat seseorang yaitu tahta, harta, kata dan cinta. “tahta, harta, kata dan cinta mampu mengangkat derajat seseorang apabila digunakan dengan baik dan benar”, tegas Imam.