Prodi PAI Terjunkan Mahasiswa PPL

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) FIAI kembali menerjunkan mahasiswa untuk Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II. Untuk tahun akademik 2010/2011 ini, dua puluh orang mahasiswa mengikuti PPL II. Zainul Mustofa, Sulman Afandi, Ahmad Muzammil Fauzi, Satria Wicaksono, Rina, Handriyati, Yenni Rahmawati, Istiqomah dan Rohmah Dwi Lestari diterjunkan di Sekolah Menengah Atas UII Banguntapan. Sedangkan Asep Supriadi, Yunas M.S, Apriandoni, Andi Ardiansah, Lukman Hakim, Rifa’ah, Siti Aizzatin, Yuliati, Datri Kuntari, dan Mulyati di Madrasah Aliyah Negeri Pakem.

 

Sementara di Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran adalah Hidayatul Mabrur, Rino Sofiansyah, Joni Dwi Utama, Fikri Akmal,  Bambang Riyanto, Khoirunisa Khanifah, Yelis Nurwahidah, Siti Muhimatus Solikhah dan Dwiyani serta Syarifah Ainiyah. Mereka diterjunkan pada Senin 18 Oktober 2010. Penerjunan berlangsung di perpustakaan SMA UII, Dekan FIAI Dr. Drs. H. Dadan Muttaqien, SH., M.Hum dan Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam FIAI, Dr. Drs. Muhammad Idrus, S.Psi., M.Pd, Sekretaris Prodi Dr. Dra. Djunanah, MIS serta Ketua Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam (P3I) FIAI, Dra. Djuwarijah, M.Si serta staff lainnya diterima oleh kepala sekolah Sumaryatin, S.Pd., M.Pd. dan dewan guru lainnya.

Sumaryatin mengungkapkan rasa terimakasihnya karena sekolahnya dijadikan tempat praktik mengajar dan belajar mahasiswa FIAI UII apalagi salah satu alumninya termasuk didalamnya. Ia mengharapkan selama dua bulan seluruh mahasiswa FIAI yang tengah PPL di SMA UII dapat melakasanakan tugasnya dengan baik seperti pengelolaan laboratorium, perpustakaan dan bimbingan konseling.

Dalam kesempatan itu Dekan FIAI menerangkan bahwa semula SMA UII didirikan sebagai laboratorium mahasiswa Fakultas Tarbiyah (sekarang Prodi FIAI) untuk mengaplikasikan antara teori dan praktik yang diperoleh masasiswa selama dibangku kuliah. Maka tiada lain, PPL II bertujuan untuk transfer behavior knowledge. Dekan juga mengingatkan kepada peserta PPL untuk tidak main-main karena SMA UII memiliki tingkat kelulusan 100%.

Melalui kepala akademiknya, beberapa peraturan bagi mahasiswa PPL pun disampaikan antara lain harus bisa menyesuaikan diri dengan peraturan yang berlaku di SMA UII, dilarang membawa alat komunikasi selama berada di dalam kelas, maksimal pukul 06.30 harus sudah berada di sekolah dan saling tegur sapa salam antara guru dan murid. Hal itu dilakukan untuk program peningkatan mutu akademik SMA UII yang kini terus berkembang.