P3I Jalin Kerjasama Dengan Limora

Belum lama ini Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam (P3I) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI ) UII menjalin kerjasama dengan lembaga LIMORA. Lembaga ini lahir sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib kaum perempuan dan keluarga dalam menghadapi tantangan derasnya arus informasi dan globalisasi, terkikisnya nilai-nilai sosial dan religius di kalangan masyarakat, keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat tempat dimana anak-anak, calon generasi penerus bangsa ini dilahirkan dan memegang peranan penting dalam pembentukan character building bangsa ini untuk masa depan yang akan datang dan lebih baik lagi.

 

Lembaga yang berdiri pada tanggal 28 Oktober 2008 di Yogyakarta ini mengajak P3I untuk melakukan berbagai kegiatan mendukung visinya membangun sumber daya manusia dalam kerangka menuju tatanan keluarga dan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan gender seperti termaktub dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangai pada 12 Oktober 2010 lalu oleh Elysa Fatimah, SH selaku Ketua dan pihak pertama dan Dekan FIAI Dr. Drs. H. Dadan Muttaqien, SH., M.Hum. sebagai pihak kedua.

Kedua pihak bersepakat untuk bekerjasama dalam berbagai hal antara lain sosialisasi bidang kesehatan, hukum, pelatihan usaha mandiri, penelitian berperspektif gender, dan pendidikan bagi perempuan, anak dan keluarga serta pelaksanaan kegiatan lain sesuai dengan tujuan kerjasama, yaitu untuk perbuatan dan pelaksanaan program-program pemberdayaan laki-laki, perempuan, dan anak khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam kesempatan lain Dr. Dra. Hj. Djunanah, MIS salah satu dari Dewan Pembina LIMORA sekaligus pengajar di FIAI UII menjelaskan keberadaan LIMORA sebagai lembaga swadaya masyarakat bergerak pada aspek-aspek pendampingan terhadap berbagai lapisan masyarakat yang mengalami berbagai masalah dan tekanan seperti masalah-masalah rumah tangga. “dalam satu bulan saja banyak pengaduan dari masyarakat terhadap LIMORA” terang Djunanah.

Selain itu menurutnya, LIMORA juga diperbolehkan bagi seluruh mahasiswa FIAI sebagai wadah peningkatan skill dalam mengimplemetasikan materi-materi yang pernah didapatkan di bangku kuliah bahkan sebagai bahan peneletian. Sebagai bentuk sosialisasi terhadap mahasiswa, kata Djunanah perlu diadakan suatu kegiatan antara FIAI dan LIMORA sehingga mereka tahu keberadaan P3I tidak hanya sebatas penelitian dan pengembangan pendididkan Islam saja melainkan juga memiliki pengabdian terhadap masyarakat sehingga FIAI akan lebih dikenal secara luas.