FIAI Juara Lomba Debat Arab se-Jawa

Tim debat Bahasa Arab FIAI UII berhasil mempertahankan gelar juara II Lomba Debat Bahasa Arab tingkat Universitas se-pulau Jawa yang diadakan di Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Ahad (27/6) lalu. Perhelatan acara ini berlangsung di Gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNNES  diikuti 24 tim debat dari berbagai Universitas se-Jawa.

Dalam ajang ini, Tim Debat Arab FIAI UII yang diwakili oleh 3 mahasiswanya berhasil mempertahankan gelarnya sebagai juara II sebagaimana pagelaran serupa pada tahun lalu. Tim beranggotakan Hidayatul Mabrur, mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2007, Hasan Al-Anthor, mahasiswa Prodi Hukum Islam angkatan 2008, dan Samsul Zakaria, mahasiswa Prodi Hukum Islam angkatan 2009. Tim ini berhasil menyisihkan lawan-lawannya dalam babak seleksi dan berhak menjadi terbaik kedua. Untuk juara pertama di rebut oleh tim debat dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, juara ketiga disandang oleh IAIN Cirebon, dan juara keempat Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STAIN)  Banten Jawa Barat.

Tim Debat Bahasa Arab FIAI UII usai Meraih Juara II di Unnes

Menurut Syamsul Zakaria selaku ketua tim debat dari FIAI UII, ajang lomba debat kali ini menggunakan sistem point, dimana dari 26 tim dari berbagai universitas tersebut dibagi ke dalam dua ruangan debat untuk melakukan tahapan penyisihan yang nantinya dari masing-masing ruangan akan dipilih 4 tim terbaik berdasarkan nilai. Setelah itu, dilakukan babak semifinal dari kedelapan tim yang berhasil melalui babak penyisihan tadi, baru dilakukan undian kembali dan bertanding pada babak semifinal, 4 tim terbaiklah akan keluar sebagai juara sesuai berdasarkan urutan skor tertinggi.

Acara yang dikemas dalam rangka memperinganti Milad Prodi Pendidikan Bahasa Arab FBS UNNES ini berlangsung meriah.  Sejak awal hingga akhir ruangan debat pun selalu diramaikan dengan sorakan dan tepuk tangan dari audience lantaran debat berlangsung sengit dan masing-masing tim debat menampilkan kemampuan terbaik mereka. “Seluruh tim debat mampu tampil maksimal pada ajang kali ini. Alhamdulillah tim debat kami unggul dalam hal retorika dan menguasai alur debat. Inilah yang membuat kami unggul daripada tim-tim lain,” ujar Syamsul. Menurutnya kemenangan tim kali ini juga tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak termasuk pihak dekanat yang mendukung penuh dalam pendelegasian. Ke depan Syamsul berharap agar prestasi ini dapat terus ditingkatkan, minimal tetap dipertahankan.

Wakil Dekan FIAI UII, Drs. Nanang Nuryanta., M.Pd., menyampaikan kegembiraannya dan apresiasi penuh atas prestasi ini. “Ini merupakan prestasi awal yang diraih oleh mahasiswa periode dekanat 2010-2014. Semoga kedepannya kita bisa lebih baik, mampu mempertahankan dan meningkatkan selalu khusunya dalam dalam kualitas debat berbahasa Arab di FIAI UII ini. Amin!” Wakil Dekan berharap.