Informasi Terkini, Acara Silaturahim dan Temu Alumni FIAI UII

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Silaturrahim dan Temu Alumni FIAI UII
“Mempersatukan Langkah Alumni, Menjemput Masa Depan
Sarjana Agama yang Lebih Bermartabat” 

A. Pendahuluan

Mukaddimah Anggaran Dasar Ikatan Keluarga Alumni telah menyebutkan bahwa “Alumni Universitas Islam Indonesia adalah Sarjana Muslim yang telah menyakini secara sadar akan kebenaran dan kesempurnaan agama Islam berdasarkan ilmu dan bersandarkan dalil Naqli dan dalil Aqli sehingga mampu menghayati dan mengamalkan ajaran Islam dan sarjana yang telah menyelesaikan pendidikan di UII”. Konsekuensinya, setiap alumni UII berkewajiban dan bertanggung jawab menyiarkan serta menegakkan ilmu pengetahuan dan kebenaran  bagi Bangsa Indonesia yang ber-Pancasila dan mengacu pada Undang-undang Dasar 1945 dan di kalangan bangsa-bangsa lain di dunia. Hal ini sejalan dengan cita-cita universitas yang berupaya menyandarkan alumninya sebagai tumpuan harapan almamater agar mampu mendukung dan meneruskan cita-cita luhur UII sebagai rahmatan lil ‘alamien.

 

Jika kita melihat fenomena di lapangan, terutama yang menyangkut persaingan antar Perguruan Tinggi, UII belum mampu membangun komunikasi dan kerjasama dengan alumninya. Sebagai salah satu contoh, Universitas Gadjah Mada (UGM), ITB, dan UI, alumninya telah banyak tersebar di masyarakat, baik yang menduduki instansi pemerintah maupun swasta. Alumni UII merupakan potensi yang disiapkan dapat menjadi network bagi UII. Sebab, alumni memiliki peran yang strategis untuk dapat menjadi “corong” dan sekaligus membantu meralisasikan visi-misi institusi pada era competitiveness saat ini.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut sudah selayaknya jika UII selalu melibatkan alumninya dalam mengevaluasi proses pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Asumsi bahwa keberhasilan proses pembelajaran yang telah diberikan kepada alumni akan mempengaruhi kompetensi out putnya. Adanya hubungan yang sinergis antara peran alumni dengan UII, maka suatu saat dapat membantu menerobos peluang besar terserapnya lulusan. Oleh karena itu, UII yang dalam visi-misinya telah mencanangkan institusi sebagai “Teaching University To be  Basic Research University” bahkan komitmen UII untuk mewujudkan perguruan tinggi dalam jajaran “World Class University”, sudah barang tentu perlu memperoleh feed back dari para alumninya.

Agar upaya untuk melihat umpan balik yang telah dilakukan oleh alumni ini dapat berlangsung dengan efektif, maka Fakultas Ilmu Agama Islam berupaya untuk memfasilitasinya dengan menyelenggarakan kegiatan Temu Alumni yang sekaligus digunakan untuk menyambut Milad UII yang ke-66. Milad UII yang ke-66 ini mempunyai nuansa emosional yang mendalam karena usia UII telah melebihi usia manusia agung yaitu Rasulullah SAW sebagai pembawa risalah Ilahi. Disamping itu kegiatan ini juga dijadikan sebagai sarana untuk menjalin silaturahiem yang selama ini belum berjalan dengan efektif.

B. Nama Kegiatan

“ Silaturrahim dan temu alumni FIAI UII”

C. Tema Kegiatan

“Mempersatukan Langkah Alumni, Menjemput Masa Depan Sarjana Agama yang Lebih Bermartabat”

D. Tujuan Kegiatan

1. Mempererat tali silaturrahmi antar alumni Fakultas Ilmu Agma Islam, Univesitas Islam Indonesia.
2. Memperluas ikatan jaringan alumni Fakultas Ilmu Agama Islam dalam upaya memberikan kontribusi bagi perkembangan Fakultas Ilmu Agama Islam UII.
3. Adanya jalinan komunikasi antar alumni Fakultas Ilmu Agama Islam dengan pihak fakultas UII.
4. Mengikutsertakan alumni Fakultas Ilmu Agama Islam untuk ikut serta upaya mengembangkan Fakultas Ilmu Agama Islam UII.

E. Target

1. Terlaksananya reuni akbar antar alumni Fakultas Ilmu Agama Islam seluruh angkatan di Yogyakarta maupun di luar Yogyakarta.
2. Adanya jalinan komunikasi antar alumni setelah pelaksanaan acara reuni
3. Adaya kesadaran bagi alumni untuk ikut serat berkontribusi terhadap kemajuan dan perkembangan Fakultas Ilmu Agama Islam UII.

F. Bentuk Kegiatan

1. Seminar Nasional
2. Temu Kangen
3. Sarasehan
4. Identifikasi/Pemetaan Alumni

G. Sasaran

1. Seluruh alumni FIAI UII dari semua angkatan   
2. Perwakilan  mahasiswa FIAI yang masih aktif kuliah di FIAI
3. Seluruh karyawan FIAI UII

H. Narasumber & Moderator

Acara Temu Alumni dan Seminar ini akan menghadirkan pembicara
SEMINAR

  1. Pengusaha: ”Peluang Alumni FIAI dalam berwirausaha”.                                                                                                                         Pembicara: Drs. H. Sunardi Syahuri
  2. Akademik: “Menumbuhkembangkan kultur akademis dalam jiwa alumni FIAI”.                                                                                    Pembicara: Prof. Dr. AT. Soegito, SH., MM (Rektor UNES Semarang). dan Prof. A. Haris Supratno, M.Pd (Rektor UNESA Surabaya)
  3. Tokoh Agama: ”(Optimalaisasi peran alumni FIAI dalam ranah pengabdian masyarakat dan dakwah islamiyah)”.                                 Pembicara: Prof. H. Zaini Dahlan, MA.
  4. Politisi/Birokrasi: ”Peran alumni dalam kancah politik dan birokrasi”.                                                                                                   Pembicara: Drs. Anas Yusuf. Pembicara: Ketua Dewan Syura PKB Klaten.
    Moderator acara Seminar : Drs. H. Imam Mujiono, M.Ag

SARASEHAN
Pembicara
:

  1. Agus Nuryatno, S.Ag., MA., Ph.D
  2. Drs. Ridwan MY
  3. Drs. Ratno Sukamto
  4. Dra. Rahmani Timorita. M.Ag

Master Of Ceremony TEMU KANGEN : Munthe, S.Pd.I

MANUAL ACARA DOWNLOAD DISINI

I. Waktu Pelaksanaan

Kegiatan ini akan diselenggarakan:

  • Hari / Tanggal       : Sabtu, 3 Oktober 2009
  • Pukul                : 07.00 – 13.00 WIB                                                                                                                                                              Tempat: Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. M. Sardjito, MD., MPH Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang Km. 14,5 Yogyakarta (Acara Seminar)
  • Pukul                    : 13.00 – 22.00 WIB                                                                                                                                                            Tempat: Gedung FIAI UII (Aacara Sarasehan)

J. Fasilitas Peserta

Fasilitas yang disedikan dalam kegiatan ini adalah;

  1. Mengikuti Seminar
  2. Sertifikat Seminar
  3. Lunch, dinner, snack dan coffee break
  4. Free Akomodasi/Penginapan di Rusunawa UII

K. Penyelenggara Kegiatan

Acara Temu Alumni ini diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indoensia Yogyakarta.

PROPOSAL TEMU ALUMNI DOWNLOAD DISINI

TOR TEMU ALUMNI DOWNLOAD DISINI

SEKRETARIAT PANITIA:

Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Inadonesia

Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang Km. 14,5. Yogyakarta 55584; Tel (0274) 898462;

Fax. 898463; E-mail: fiai@uii.ac.id Website: http://fis.uii.ac.id

Contact Person: Yusrin (0274) 898462, Mila (085710318286)

Related Post

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.